KBS Bakal Buka Night Zoo, DPRD Surabaya Menentang

2 Februari 2023, 08:52:08 WIB

JawaPos.com–Rencana Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya meluncurkan program Night Zoo ditentang keras Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya Anas Karno.

Anas mengatakan, Night Zoo berpotensi mengganggu jam istirahat dari para satwa. Dia meminta agar Night Zoo tidak dilakukan.

”Ketika jam tidur satwa terganggu, dikhawatirkan satwa bisa stres. Lalu, takutnya bermuara ke kematian,” tutur Anas.

Selain mengganggu jam tidur, politikus PDI Perjuangan itu menambahkan, skema alur di KBS juga masih belum terarah. Misal, masuknya di pintu yang sama. Tapi, pengunjung belum tentu sama melihat satwa mana dulu. Karena pengunjung bisa lewat jalur mana saja.

”Pada intinya, saya mewakili Komisi B DPRD Surabaya tidak sepakat dengan rencana Night Zoo. Disampaikan juga bakal melewati harimau, lalu ada penambahan penerangan lampu itu mengganggu lingkungan sekitar,” papar Anas yang juga Ketua Bappilu PDI Perjuangan Surabaya itu.

Apabila KBS, membutuhkan tambahan pendapatan bisa mencari jalan lain menurut dia, KBS sebaiknya memperbaiki kualitas jalur kunjungan bagi pengunjung. KBS juga menambah atraksi yang tidak membahayakan dan tetap membuat nyaman satwa dan pengunjung.

Sebelumnya, Humas PDTS KBS Mochammad Alvin Soviandy menyampaikan, pengunjung KBS bisa menikmati Night Zoo di KBS. Direncanakan, Night Zoo dibuka setiap malam akhir pekan, tapi tak sampai pukul 00.00.

Dia menambahkan, pengunjung wajib mendapatkan pendampingan dari tour guide. Tujuannya supaya pengunjung teredukasi untuk setiap jenis satwa.

’’Pembelian tiket masuk secara daring dengan estimasi awal harga maksimal Rp 100 ribu,’’ tutur Alvin.

Dia menjelaskan, rute Surabaya Night Zoo tidak ke semua satwa. Hanya melewati area satwa nokturnal. Sebab, tidak semua satwa dapat diperlihatkan saat malam. Rute dimulai dari pos 12 parkir motor dan mengarah ke area akuarium. Bulan ini ditargetkan Night Zoo capai 80 persen persiapannya.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Dimas Nur Aprianto

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads