alexametrics

Membanggakan, Tiga Seni Budaya Sidoarjo Ini Dapat Hak Cipta

1 Desember 2021, 14:22:47 WIB

JawaPos.com– Tiga warisan seni maupun tradisi Sidoarjo, telah resmi mendapatkan hak cipta. Yakni, udeng pacul gowang, seni tari banjar kemuning, dan musik patrol. Artinya, ketiganya sudah diakui asli milik Sidoarjo. Ketiganya tercatat dalam daftar inventaris Kekayaan Intelektual Komunial (KIK) Ekspresi Budaya Tradisional.

Sertifikat hak cipta dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) diberikan kepada Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo dalam acara Anugerah Pesona Indonesia di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Selasa (30/11) kemarin.

Kepala Disporapar Pemkab Sidoarjo Djoko Supriyadi mengungkapkan, sejak lama pihaknya mendaftarkan tiga seni budaya khas Sidoarjo itu agar diakui hak ciptanya. Dengan demikian, jika di waktu mendatang ada klaim dari pihak atau daerah lain, Sidoarjo bisa menyangkalnya.

Tari banjar kemuning asli Sidoarjo tersebut, tahun ini juga berhasil meraih penghargaan dalam Anugerah Pesona Indonesia (API). Banjar kemuning menjadi atraksi wisata budaya terpopuler ranking kedua. Selain tarian banjar kemuning, Sidoarjo juga menyeratkan udeng pacul gowang ke API. ’’Untuk yang udeng pacul gowang masuk ranking keempat nasional kategori cenderamata terpopuler,’’ terang Djoko.

Udeng pacul gowang (kiri) dan seni musik patrol juga telah terdaftar milik Sidoarjo (Firma Zuhdi/Jawa Pos

Penghargaan diterima Sidoarjo dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Musi Banyuasin, Selasa (30/11) malam. Bukan kali ini saja Sidoarjo mendapatkan apresiasi di API. Pada 2017 lalu, Sidoarjo juga mendapatkan penghargaan serupa berkat lumpur Sidoarjo yang menjadi destinasi terunik ketiga di Indonesia.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi/c17/any

Saksikan video menarik berikut ini: