alexametrics

Kali Lamong Siaga Kuning, Dewan dan REI Gresik Bantu Korban Banjir

1 Desember 2021, 19:04:39 WIB

JawaPos.com- Memasuki Desember intensitas curah hujan diprediksi akan meningkat. Berdasar prakiraan BMKG, Junuari-Pebruari nanti menjadi puncaknya. Karena itu, warga yang tinggal di daerah aliran sungai (DAS) mesti selalu waspada. Termasuk wilayah Kali Lamong dan Bengawan Solo.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Gresik Tarso Sagito menyatakan, data per 1 Desember, pukul 11.00 WIB, ada luapan Bengawan Solo di wilayah Desa Bungah, Kecamatan Bungah. Dampaknya, jalan lingkungan tergenang sepanjang 30 meter dengan ketinggian 5-10 sentimeter.

‘’Lalu, jalan poros desa tergenang 10-15 sentimeter sepanjang 75 meter. Persawahan tergenang 45 hektare,’’ ujar Tarso, Rabu (1/12).

Kendari demikian, status Bengawan Solo masih siaga hijau. Adapun untuk Kali Lamong statusnya siaga kuning. Artinya, debit sungai dengan panjang 103 km tersebut sedang tinggi. ‘’Kami akan terus melakukan monitoring tinggi muka air dan perkembangan banjir. Selain itu, berkoordinasi dengan muspika dan pemdes setempat,’’ ungkapnya.

Sementara itu, beberapa wilayah di Gresik selatan dalam beberapa hari kembali terdampak luapan banjir Kali Lamong. Salah satu di antaranya Desa Deliksumber, Kecamatan Benjeng. Rabu (1/12), Real Estate Indonesia (REI) dan DPRD Gresik pun bersinergi menyalurkan bantuan ke warga.

Bantuan tersebut berupa satu truk beras dan mi instan untuk warga dua desa di Kecamatan Benjeng. Yakni, Desa Deliksumber dan Sedapurklagen. Turut hadir dalam penyerahan bantuan tersebut Ketua REI Gresik Widodo Feriyanto, Ketua DPRD Gresik M. Abdul Qodir serta jajaran wakil ketua dewan, yakni Ahmad Nurhamim, Nur Saidah, dan Mujid Riduan.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads