alexametrics

Pedagang Pernak-pernik Kemerdekaan di Surabaya Mulai Bertebaran

1 Agustus 2020, 17:48:51 WIB

JawaPos.com – Lazimnya kemeriahan di bulan Agustus, tanda-tandanya sudah terlihat di jalanan Kota Pahlawan. Semarak peringatan kemerdekaan RI sudah terlihat di kawasan utara. Pedagang musiman bendera dan pernak-pernik agustusan mulai bermunculan di jalan protokol.

Penjual bendera terlihat di trotoar Jalan Kenjeran, Simokerto. Mereka menyasar para pengendara yang melintasi jalur ke Jembatan Suramadu. Selain bendera, ada beragam bentuk umbul-umbul yang dijual.

”Sejauh ini, umbul-umbul 2,5 meter paling laris. Harganya sekitar Rp 40 ribu,” kata Burhanudin, salah seorang penjual bendera. Pria berusia 40 tahun itu mengaku sudah belasan tahun berjualan di Jalan Kenjeran. Dia memanfaatkan momentum agustusan untuk meraup untung.

Bagaimana antusiasme masyarakat untuk berbelanja tahun ini? Burhanudin menjelaskan bahwa masyarakat mulai antusias untuk membeli bendera.

Dalam sehari, minimal ada 30 orang yang mampir ke lapaknya. Namun, pekan-pekan ini baru awal. Penjualan dia perkirakan baru akan mencapai puncak saat peringatan kemerdekaan kian dekat seperti tahun-tahun sebelumnya.

Pria yang akrab disapa Pak Subur itu mengungkapkan, ada perbedaan tren jika dibandingkan dengan tahun lalu. Kali ini umbul-umbul berwarna merah putih cukup laris. ”Beda tahun lalu. Pada 2019 umbul-umbul warna non-merah putih malah cukup laku,” tambah Burhanudin.

Selain di Jalan Kenjeran, aktivitas berjualan bendera juga bisa ditemui di Jalan Kedung Cowek. Banyak pedagang yang membuka usaha di pinggir jalan. Sebagian besar menyasar warga yang bepergian rute Surabaya–Madura.

Hanifah, salah seorang pedagang, menjelaskan bahwa seluruh barang dagangannya telah disterilkan. Ada penyemprotan disinfektan. ”Tidak banyak yang dibuka seperti tahun lalu. Calon pembeli saya kasih contoh yang jumlahnya sedikit,” kata Hanifah.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : hen/c10/ady



Close Ads