alexametrics

Tjahjo Kumolo Berpulang, PDIP Surabaya: Beliau Sosok Kader Teladan

1 Juli 2022, 16:48:51 WIB

JawaPos.com- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) Tjahjo Kumolo telah meninggal dunia di usia 65 tahun, Jumat (1/7). Kepergian itu membawa duka mendalam banyak kalangan. Termasuk para kader PDI Perjuangan di Kota Surabaya.

’’Kami, keluarga besar PDI Perjuangan Kota Surabaya menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya Bapak Tjahjo Kumolo,” ujar Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijono, Jumat (1/7).

Menurut Adi, sosok Tjahjo selama ini begitu dekat dengan para kader. Karena kedekatan itu, rasanya sudah seperti saudara. ‘’Kami biasa memanggil beliau dengan Mas Tjahjo. Semoga beliau mendapat tempat termulia di sisi Tuhan Yang Maha Esa,” kata pria yang juga ketua DPRD Kota Surabaya itu.

Tjahjo menjabat sebagai Sekjen DPP PDIP, periode 2010-2015. Almarhum merupakan sosok pendamping setia Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Termasuk saat partai berlambang banteng moncong putih menempuh ’’jalan oposisi’’ atau memilih di luar pemerintahan di masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Di masa-masa itu, lanjut Adi, Tjahjo sangat aktif turun ke daerah-daerah. Menata organisasi PDIP dan memberi suntikan semangat para kader di bawah. Di Kota Surabaya, misalnya. ‘’Pada Juni 2011, saya ingat Mas Tjahjo menyempatkan hadir di tengah-tengah puluhan ribu peserta jalan sehat peringatan bulan Bung Karno di Jalan Raya Darmo dan Taman Bungkul,” kenang Adi.

Berkat kerja keras dan gotong royong seluruh kader dan dukungan masyarakat luas, akhirnya PDIP bisa memenangkan Jokowi dalam Pilkada DKI Jakarta pada 2012. Capaian itu terus berlanjut hingga memenangkan Jokowi dalam Pilpres 2014, sekaligus membawa PDIP menjadi pemenang Pemilu 2014.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini: