alexametrics

Peringati Harganas, Terus Bergerak Bersama Wujudkan Keluarga Berdaya

1 Juli 2022, 16:24:59 WIB

JawaPos.com- Setiap 29 Juni diperingati sebagai Hari Keluarga Nasional (Harganas). Beragam kegiatan positif digelar untuk memperingati Harganas. Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jatim Agatha Retnosari, misalnya. Dia menjadikan momen peringatan Harganas itu dengan menggelar dialog dan sosialisasi bertema Keluarga Berdaya Pondasi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

’’Tema ini diangkat untuk mengingatkan kembali betapa pentingnya peran keluarga dalam membangun negeri ini,’’ kata Agatha.

Dalam acara tersebut, ratusan undangan hadir memenuhi Gedung Widya Kartika Conference Center, Dukuh Kupang, Surabaya, pada Kamis (30/7) sore. Di antaranya para orang tua penerima beasiswa dari unit dampingan sosial Yayasan Lembaga Karya Dharma Surabaya (YLKD). Turut hadir juga Rm. Herman Wisanjaya, direktur YLKD, beserta pengurus dan pimpinan unit.

Kepala Program Studi Ilmu Hukum Untag Surabaya Wiwik Arifah, salah seorang narasumber, mengawali dialog dengan bertanya kepada para peserta. Terutama yang telah berumah tangga lebih dari 20 tahun. Mereka diminta menyampaikan tip dan pengalaman sehingga bisa mengarungi keluarga dengan langgeng dan awet. Beberapa jawabannya antara lain saling mendukung, saling melengkapi kekurangan, saling menjaga satu sama lain, sabar dan saling percaya.

Wiwik kemudian mengajak peserta untuk merefleksikan masing-masing peran dalam sebuah rumah tangga. ‘’Apakah semuanya harus ditangani oleh sosok ibu? Mulai dari mengurus anak, melakukan perkerjaan rumah, memasak, sampai mengatur masalah keuangan keluarga?’’ ungkapnya.

Perempuan yang aktif menyuarakan kesetaraan gender dan HAM itu pun mulai mengajak peserta untuk memahami tentang perbedaan antara gender dan sex. Dia menjelaskan, sex sifatnya kodrati. Bersumber dari Tuhan. Adapun gender adalah buatan manusia, sifatnya bisa ditukar, dapat berubah, bergantung waktu dan budaya setempat.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini: