alexametrics

Pemkot Surabaya Sebut Holywings Perbarui Izin Jika Ingin Buka Kembali

1 Juli 2022, 11:01:13 WIB

JawaPos.com–Pemerintah Kota Surabaya menyatakan Holywings harus memperbarui izin jika ingin buka kembali. Itu setelah tempat hiburan tersebut disegel Satpol PP bersamaan dengan kasus dugaan penistaan agama beberapa waktu lalu.

”Pemkot Surabaya mengeluarkan izin sesuai dengan aturan yakni hanya rumah makan. Tidak boleh bar, karena (izin bar) itu bukan kewenangan pemkot,” Kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi seperti dilansir dari Antara di Surabaya, Jumat (1/7).

Wali Kota Eri mengatakan, izin operasional usaha rumah makan dikeluarkan Pemerintah Kota Surabaya. Sedangkan untuk bar, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, dikeluarkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Oleh sebab itu, lanjut dia, ketika ke depan kasus yang menimpa Holywings tuntas dan ingin beroperasi kembali di Surabaya, perizinannya juga harus diperbarui. Baik itu izin untuk rumah makan maupun bar atau diskotek.

Eri menyebutkan, Holywings di Surabaya pernah mengajukan izin rumah makan dan bar ke pemkot pada 2017. Namun, seiring dengan terbitnya PP No 5 Tahun 2021, izin untuk bar sekarang merupakan kewenangan Dinas Pariwisata Provinsi Jatim.

”Kalau itu (izinnya) pemprov, kalau berat itu pemerintah pusat. Holywings belum perpanjang atau perbarui. Maka di situ saya bekukan izinnya,” terang Eri.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua