alexametrics

Para Pedagang Pergi, Pudak Galeri Gresik Mati Terbunuh Sepi

1 Juli 2022, 18:41:32 WIB

JawaPos.com- Belum genap setahun dibuka Bupati Fandi Akhmad Yani. Tepatnya, pada 2 November 2021. Kini, pusat produk unggulan dan kuliner (Pudak) Galeri kini telah terbunuh sepi. Padahal, sentra kuliner di Jalan Pahlawan itu berada di tengah luberan pengunjung atau peziarah makam Maulana Malik Ibrahim.

Di kawasan tersebut, setiap hari banyak peziarah datang dari berbagai daerah. Saat akhir pekan, semakin ramai. Apalagi menjelang puasa. Ribuang warga berdatangan untuk berziarah ke salah seorang Wali Songo itu. Meski demikian, toh tidak membuat Pudak Galeri hidup. Malah, belakangan seolah mati suri.

Bangunan dua lantai itu terlihat sepi. Bahkan banyak debu di lantai. Tenan-tenan yang dulu ada, sudah memilih tutup. Tinggal menyisakan satu tenan yang memilih tetap buka, walaupun minim pembeli. Yakni, penjual mi ayam. ’’Yang bertahan tinggal saya,’’ kata Ian, pemilik warung.

Berbeda saat dibuka. Ketika itu, Pudak Galeri menampung 180 pelaku UMKM dan 500 produk dari seluruh kecamatan di Gresik. Mulai dari produk fashion, ceaft, kuliner serta berbagai produk unggulan lainnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Pemkab Gresik Malahatul Fardah menyatakan, Pudak Galeri memang menjadi salah satu pekerjaan rumahnya. Dikatakan, pihaknya akan melakukan kajian mengapa sentra kuliner itu sepi.

Selama ini, lanjut Fardah, dalam setiap even UMKM di Pudak Galleri selalu dipromosikan produk-produknya. “Yang jelas, ini akan kami tata kembali sehingga bisa ramai,” ujarnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : Galih Wicaksono

Saksikan video menarik berikut ini: