alexametrics

Awas Imbasnya, Mulai Hari Ini Jembatan Sembayat Gresik Ditutup 4 Bulan

1 Juli 2022, 08:23:25 WIB

JawaPos.com- Arus kendaraan yang melewati Jalan Raya Daendels, Gresik, bakal makin tersendat. Sebab, mulai hari ini (1/7) Jembatan Sembayat Baru II (pelengkung beton), Kecamatan Manyar, bakal ditutup. Penutupan berjalan lumayan lama. Hingga empat bulan ke depan.

Para pengguna jalan masih tetap bisa melintasi Jembatan Sembayat lama (rangka). Semula, dua lajur jembatan lama itu khusus kendaraan dari arah timur ke barat. Atau arah Gresik ke Sidayu. Namun, saat penutupan, diberlakukan contra flow. Satu lajur untuk arus kendaraan dari Sidayu-Gresik, satu laju lainnya untuk arah sebaliknya.

Pemberlakuan contra flow itupun khusus kendaraan roda dua dan roda empat berkapasitas kecil seperti mobil pribadi. Adapun kendaraan berat seperti dump truck, trailer atau kontainer, dilarang melintas di akses tersebut. Kendaraan berat akan diarahkan melintas ke jalan nasional Babat, Lamongan, Gresik, Surabaya. Atau sebaliknya.

Nah, celakanya di jalur nasional Surabaya-Gresik-Lamongan, sejak 28 Juni lalu, juga tengah ada pengecoran atau betonisasi jalan. Tepatnya, di depan SPBU Setrohadi hingga kantor Koramil Duduksampeyan. Jalan empat lajur itu hanya bisa dipakai dua lajur saja. Satu jalur untuk kendaraan dari arah Gresik-Lamongan, satu jalur lagi arah sebaliknya.

Tak pelak, dalam beberapa bulan ke depan, kepadatan atau kemacetan bakal menjadi pemandangan rutin di poros utama tersebut. Terutama pada jam-jam sibuk seperti berangkat dan sepulang kerja.

Karena itu, pengguna jalan mesti bersabar atau memilih jalur alternatif.  Bisa jadi, jika tidak ada pengaturan, kepadatan yang terjadi lebih parah dibandingkan saat Jembatan Ngaglik, Lamongan, ambruk beberapa bulan lalu.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini: