alexametrics

Idul Adha Makin Dekat, Ribuan Ternak Sudah Diizinkan Masuk Sidoarjo

1 Juli 2022, 11:11:44 WIB

JawaPos.com- Izin memasukkan hewan ternak untuk Idul Adha ke Sidoarjo tiap hari terus bertambah. Sampai saat ini, Dinas Pangan dan Pertanian (Dispaperta) Sidoarjo sudah mengeluarkan izin 12.215 ternak untuk masuk Sidoarjo.

Perinciannya, 8.522 kambing dan 3.693 sapi. Artinya, kondisi seluruh ternak yang mendapatkan izin masuk tersebut sehat dan bisa dijual di 29 lapak hewan kurban di Sidoarjo.

Kepala Bidang Produksi Peternakan Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo Tony Hartono mengatakan, jumlah tersebut bakal terus bertambah. Sampai saat ini, izin masih akan diberikan.

Tony memastikan, seluruh hewan yang mendapatkan izin tersebut sudah dicek petugas dan kondisinya dipastikan sehat. Dengan begitu, hewan tersebut tidak akan menulari hewan yang ada di Sidoarjo. ’’Ini akan terus bertambah karena pada 2021 yang disembelih untuk kurban sebanyak 7.020 sapi,’’ jelasnya.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, masih dibutuhkan ribuan sapi lagi. ’’Stok awal sapi di Sidoarjo yang siap disembelih sebanyak 1.000 ekor. Ditambah yang masuk 3.693 sapi sehingga masih butuh 2.500-an ekor,’’ jelasnya.

Tony menyebutkan, selain memberi izin pemasukan hewan, saat ini dinasnya membuka izin pemotongan selain di rumah potong hewan (RPH). Baik di masjid maupun musala. ’’Takmir yang mau izin tempat penyembelihan bisa mengisi Google form. Nanti izin pemotongan dikirim lewat e-mail dan teman yang di lapangan akan memonitor,’’ jelasnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi/c7/any

Saksikan video menarik berikut ini: