alexametrics

Belum Ditahan, Anggota DPRD Gresik Tersangka Kasus Penistaan Agama

Bersama Tiga Pelaku Lain
1 Juli 2022, 13:24:44 WIB

JawaPos.com- Kasus ritual pernikahan manusia dan kambing di Gresik yang menghebohkan itu, akhirnya memasuki babak baru. Hari ini (1/7), Polres Gresik resmi menetapkan empat tersangka dalam kasus penistaan agama tersebut. Namun, belum dilakukan penahanan terhadap para tersangka.

Keempat tersangka itu adalah Saiful Arif yang berperan sebagai pengantin laki-laki, Sutrisna alias Krisna (penghulu), Arif Saifullah (pemilik Sanggar Cipta Alam selaku kreator) serta Nurhudi Didin Arianto, pemilik tempat Pesanggrahan Keramat Ki Ageng yang juga anggota DPRD Gresik dari Nasdem.

Kapolres Gresik AKBP Moch. Nur Azis menjelaskan, sejak awal kasus penistaan agama ini mengemuka pihaknya terus melakukan proses penyelidikan Mulai penerimaan pengaduan, naik laporan hingga penyidikan. Penyidik juga telah memeriksa banyak saksi. Setidaknya ada 21 saksi ditambah 3 orang saksi ahli agama, IT dan bahasa simbol.

’’Kamis malam, setelah gelar perkara kita lakukan penetapan tersangka empat orang,” kata Nur Azis didampingi Kasatreskrim AKP Wahyu Rizki Saputro dalam press rilis di Mapolres, Jumat (1/7).

Lulusan Akpol 2002 itu menyebut, para tersangka memiliki peran masing-masing. Satu orang tersangka dijerat pasal berlapis. Tersangka AS selaku pemilik konten dijerat pasal 44a ayat 2 UU ITE jo pasal 156a KUHP tentang Penistaan Agama. Adapun tiga tersangka lainnya, SA, S, dan N dijerat pasal 156a. Ancaman hukuman penjara selama-lamanya lima tahun.

Sejauh ini, lanjut Azis, pihaknya baru tahapan penetapan tersangka. ’’Belum ditahan. Nanti kita lakukan pemanggilan dulu. Pemanggilan pertama, kedua, dan seterusnya. Tentang kemungkina ada tambahan tersangka, kami masih melakukan pengembangan,” pungkasnya.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini: