alexametrics

Gara-gara Video Hoaks, Wisata Bahari Tlocor Sidoarjo Jadi Sepi

1 Maret 2022, 10:03:37 WIB

JawaPos.com- Sejak empat hari lalu beredar pesan video di WhatsApp dan Facebook soal anak perempuan yang dimakan buaya. Penyebar video itu menyebutkan, peristiwa mengenaskan itu terjadi di Tlocor, Kecamatan Jabon, Sidoarjo. Video itu pun viral. Wisata Bahari Tlocor pun terkena dampaknya. Pengunjung turun drastis.

Manajer Operasional Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wisata Bahari Tlocor Alfina Damayanti mengatakan, berkali-kali teleponnya berdering. Banyak orang yang menanyakan kabar berita tersebut. Berkali-kali pula dia menjawab bahwa kejadian itu bukan di Tlocor. ’’Bisa didengar dari suara videonya, bukan di Jawa,’’ katanya.

Dia menelusuri, lokasi rekaman video tersebut berada di Kalimantan Timur. Kejadiannya pun berlangsung enam bulan lalu. ’’Hari ini (kemarin, Red) ada orang yang datang ke sini dan tanya ada buayanya atau tidak,’’ cerita perempuan yang akrab disapa Ina tersebut.

Sayangnya, efek kabar itu, Ina menyebut ada penurunan pengunjung yang sangat drastis. Terutama pengunjung yang akan naik perahu wisata. Padahal, tiga hari ini libur panjang akhir pekan. Ina mengatakan, saat weekend biasanya per hari bisa sampai 1.000 pengunjung yang tercatat di loket masuk. Sedangkan saat ini jumlah pengunjung hanya sekitar 400 orang.

’’Selain itu, hari ini (kemarin) perahu hanya dua kali beroperasi, kemarin hanya tujuh kali. Kapasitas perahu 16 orang. Jadi, hanya sekitar 32 orang,’’ kata Ina. Padahal, weekend biasanya sehari bisa 15 kali. Sekali jalan satu perahu juga penuh 16 penumpang.

Ina berharap masyarakat mengecek dulu kebenaran informasi yang diterima. ’’Di sini aman, tidak ada buaya,’’ ujarnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi/c7/any

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads