alexametrics

Ada Spekulasi Sabotase, Tim Labfor Polda Usut Kebakaran Pasar Sidayu

1 Februari 2022, 17:10:34 WIB

JawaPos.com- Penyebab kebakaran Pasar Sidayu, Gresik, mesti diungkap guna memberi kepastian warga dan para pedagang. Sejauh ini, jajaran kepolisian masih berupaya mengidentifikasi penyebab kebakaran pasar yang berdiri sejak ratusan tahun itu.

Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jatim pun turun tangan untuk mengumpulkan berbagai petunjuk dan barang bukti di lokasi kejadian.

Kapolsek Sidayu Iptu Khairul Alam menjelaskan, tim Labfor Polda Jatim memeriksa lokasi kebakaran sejak kemarin (31/1). Berbagai barang bukti diperiksa guna keperluan penyelidikan lebih lanjut. Mulai kabel, puing bangunan bekas kebakaran, hingga objek lainnya. ”Prioritas utama adalah mencari penyebab kebakaran,” jelasnya.

Hingga kini, perwira dengan dua balok di pundak itu mengungkapkan bahwa diduga penyebab kebakaran adalah korsleting listrik dari salah satu kios milik pedagang. Namun, pihaknya masih menunggu hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk mencari tahu penyebab pastinya. Sebab, muncul spekulasi di masyarakat bahwa ada pihak yang menyabotase kebakaran tersebut. ”Kami masih menunggu hasil identifikasi olah TKP. Mohon waktu,” tuturnya.

Kebakaran hebat di Pasar Sidayu tersebut terjadi pada Minggu (30/1) pagi. Berdasar informasi yang dihimpun, api ditengarai muncul sekitar pukul 04.00 WIB, hampir bersamaan dengan kumandang azan Subuh. Api kali pertama terlihat dari salah satu kios pedagang. Kemudian, dengan cepat lidah api menyambar beberapa kios di sampingnya hingga meluluhlantakan ratusan stan dan kios yang ada.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarla) Gresik Agustin Halomoan Sinaga menyampaikan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, jumlah pedagang pasar yang terdampak mencapai 526 orang. ”Petugas kami yang menerima laporan langsung mendatangi lokasi,” ujarnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : yog/c14/diq

Saksikan video menarik berikut ini: