alexametrics
MotoGP 2019

Aprilia Minta Regulasi Yang Jelas Soal Aerodinamika

26 Maret 2019, 11:35:28 WIB

JawaPos.com – CEO Tim Aprilia, Massimo Rivola menilai seharusnya dalam MotoGP terdapat pembatasan jelas mengenai regulasi aerodinamka. Sebab jika tidak, semakin banyak tim yang dapat memanfaatkan kondisi tersebut untuk melakukan kecurangan.

Tidak dapat dipungkiri, regulasi dalam MotoGP, khususnya mengenai penggunaan sayap sudah lama dibuat. Namun, Rivola melihat hal tersebut belumlah cukup untuk membuat persaingan terasa adil. Peraturan itu masih dapat diakali oleh beberapa tim.

Salah satu bukti nyata terjadi pada GP Qatar 2019 lalu. Ketika itu Ducati melakukan inovasi dengan memberikan komponen tambahan pada bagian ban belakang dengan alasan untuk mendinginkan permukaan ban.

Melihat itu, Rivola mengungkapkan seharusnya FIM sebagai federasi lebih memperjelas regulasi soal aerodinamika. Dengan begitu, peraturan yang dihasilkan tidak bersifat abu-abu.

“Saya menyarankan harus ada regulasi jelas. Saya tahu akan ada area abu-abu dimana direktur olahraga dan mekanik bakal mencarinya, seperti yang dilakukan oleh Ducati. Namun memberikan batasan pada aspek aerodinamis sangat dibutuhkan. Ini keinginan dari empat atau enam tim yang berkompetisi di MotoGP,” tuturnya dikutip dari GPone.

Ia menambahkan, pembatasan aspek aerodinamika bisa membuat persaingan menjadi lebih sehat. Sebab jika tidak begitu, maka hanya tim dengan finansial kuat lah yang selalu merajai perlombaan.

“Di Formula 1 saya belajar bahwa untuk mengembangkan aspek ini (aerodinamis) dapat menguras cukup dana. Jika tidak dibatasi, maka anggaran akan membengkak. Dan saya tidak menampik bahwa Aprilia yang merupakan tim dengan anggaran terbatas, merasa dirugikan,” tutupnya.

Editor : Bagusthira Evan Pratama

Reporter : Bintang Rahmat

Copy Editor :

Aprilia Minta Regulasi Yang Jelas Soal Aerodinamika