alexametrics

Kerja Keras Cegah Kerusakan Aspal di Sirkuit Mandalika

21 Maret 2019, 20:05:16 WIB

JawaPos.com – Indonesia bersiap diri menjadi tuan rumah kompetisi MotoGP. Rencananya, ajang bergengsi tersebut akan dihelat di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021 mendatang.

Sirkuit Mandalika berbeda dengan negara lainnya. Sebab jika tidak ada lomba, sirkuit ini berfungsi sebagai jalanan umum.

Karena kondisinya demikian, pengelola nantinya harus pintar-pintar merawat aspal sirkuit agar tidak cepat rusak. Untuk urusan ini, Dorna memberi kepercayaan penuh kepada Indonesia.

“Salah satu elemen dari bisnis inti dalam pembangunan sirkuit ini adalah menjaga permukaan lintasannya dan juga landasan pesawat. Mereka (Indonesia) memiliki departemen teknis yang sangat memerhatikan spesifkasi ini,” ucap Mark Hughes selaku Konsultan MRK1 yang turut menangani pembangunan Sirkuit Mandalika.

“Kami akan membatasi tipe kendaraan yang akan menggunakan sirkuit itu selama setahun agar meminimalisir kerusakan, dan juga risiko kontaminasi. Kami juga memiliki spesialis peralatan untuk menjaga level daya cengkram sirkuit tersebut,” jelasnya yang dikutip dari Crash.

Hal itu semata-mata dilakukan agar Hughes dapat memperhitungkan seberapa besar gesekan yang terjadi di Sirkuir Mandalika. Alhasil sirkuit tersebut dapat tetap terpelihara agar dapat siap digunakan untuk balapan apapun.

Editor : Bagusthira Evan Pratama

Reporter : Bintang Rahmat

Copy Editor :

Kerja Keras Cegah Kerusakan Aspal di Sirkuit Mandalika