alexametrics
MotoGP 2019

Punya Desain Keren, CoTA Dikritik Habis-habisan Pembalap MotoGP

17 April 2019, 20:20:57 WIB

Jawapos.com – Circuit of The America (CoTA) yang digunakan pada seri GP Amerika mendapat banyak kritikan pedas dari para pembalap MotoGP. Mereka menilai masih banyak masalah yang perlu dievaluasi dari lintasan itu. Terutama yang terkait dengan keselamatan para pembalap.

Salah satunya yang sangat dikritisi adalah permukaan lintasan yang masih bergelombang. Padahal sebelum dimulainya MotoGP musim 2019, sirkuit itu telah mengalami renovasi. Kritik tajam pun datang dari pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.

“Ada tiga poin yang sangat kritis, khususnya di tikungan kedua, lalu tikungan ke-9 hingga 10. Trek bergelombang di sisi lintasan dan di belakang. Ini merupakan tempat yang paling kritis dan mereka harus memperbaikinya untuk balapan musim depan,” jelasnya dikutip Crash.

Hal senada juga diungkapkan oleh Alex Rins. Gelombang yang terdapat pada tikungan tersebut, khususnya tikungan kedua, sangat membahayakan keselamatan para pembalap. Dia ingin pihak pengelola sirkuit memperbaiki kontur permukaan lintasan agar lebih rata.

“Saya banyak menderita di tikungan kedua, tergantung dari garisnya. Tetapi saat akhir balapan, ketika saya melewati gelombang itu, saya kehilangan sedikit (grip) ban depan. Ini mulai membahayakan,” ucapnya.

Pembalap Yamaha, Valentino Rossi mengamini kedua pembalap tersebut. Bahkan dia menilai Circuit of The America merupakan lintasan terburuk, karena memiliki permukaan yang tidak rata.

Padahal secara desain, Rossi sempat memuji sirkuit tersebut. Namun sayangnya permukaan yang tidak rata membuat pembalap berjuluk The Doctor menjadi kurang suka dengan lintasan itu.

Editor : Agus Dwi W

Reporter : Bintang Rahmat