alexametrics

Musim 2020, Dovizioso Bakal Dapat Tandem Baru di Ducati

16 Januari 2019, 14:45:49 WIB

JawaPos.com – MotoGP musim balap 2019 belum digelar. Tapi, persaingan memperebutkan tempat di tim Ducati untuk musim 2020 sudah terasa. Saat ini terdapat tiga kandidat yang harus bertarung untuk memperebutkan tempat sebagai tandem Andrea Dovizioso untuk musim balap 2020.

Ketiga pembalap tersebut adalah Danilo Petrucci, Jack Miller, dan Francesco Bagnaia. Performa ketiganya sepanjang musim 2019 akan menjadi penilaian apakah terpilih di 2020 atau tidak.

“Hasil dari Petrucci, Miller, dan Bagnaia akan menentukan pembalap mana yang resmi masuk di tim pada 2020. Kami memiliki tiga kandidat bagus untuk satu tempat di tim utama,” ucap Paolo Ciabatti selaku Direktur Olahraga Ducati sebagaimana dilansir motorsport.com.

Petrucci menjadi pembalap berpeluang besar untuk mengisi posisi itu. Pasalnya untuk musim balap 2019, dia resmi menjadi tandem Dovizioso. Dia menggantikan Jorge Lorenzo yang telah pindah ke tim Repsol Honda.

Hanya saja, kontraknya bersama tim pabrikan Ducati hanya berlaku selama satu musim saja. Dengan kata lain ada kemungkinan pada musim 2020, Ducati bisa mempertimbangkan untuk tak lagi mengontraknya.

Sementara itu, Miller dan Bagnaia merupakan pembalap tim satelit Ducati, Alma Pramac Racing. Meskipun hanya berposisi sebagai pembalap tim satelit, keduanya diberikan kesempatan untuk mengendarai motor Desmosedici yang memiliki spesifikasi tim pabrikan.

Bagnaia sendiri merupakan debutan atau rookie di MotoGP 2019. Dia menjadi tandem Miller. Meski statusnya pembalap debutan, Pecco – sapaan akrabnya, merupakan alumnus dari sekolah balap milik Valentino Rossi, VR46 Academy.

Berbekal pendidikan dari legenda hidup MotoGP tersebut, Pecco akan menjadi kuda hitam bagi dua pesaingnya. Tidak heran Ducati mengontrak pembalap tersebut ke dalam tim satelitnya.

“Pecco telah menunjukkan performa menakjubkan di Moto2 2018. Kami mengontraknya dan berpikir mengenai masa depan kami, dan sekarang kami tahu itu merupakan keputusan tepat,” tutup Ciabatti.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Bintang Rahmat

Musim 2020, Dovizioso Bakal Dapat Tandem Baru di Ducati