alexametrics
MotoGP 2018

Thailand Terpilih Menjadi Seri MotoGP Terbaik, Indonesia Kapan?

14 Desember 2018, 17:55:12 WIB

JawaPos.com – Thailand pantas berbangga. Sebab negara beribukotakan Bangkok itu terpilih sebagai penyelenggara MotoGP terbaik di musim 2018.

Buat Thailand, ini merupakan kesempatan pertama mereka menjadi tuan rumah lomba balap motor sekelas MotoGP. Hal demikian bisa dimanfaatkan dengan baik sehingga mampu mengalahkan 18 tuan rumah lainnya.

“Ini (Thailand) merupakan blueprint sempurna untuk event ke depannya. Kami sangat tertarik untuk kembali lagi ke Sirkuit Buriram,” ujar Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna Sport

Kesuksesan ini terlihat dari besarnya antusiasme penonton yang datang melihat balapan di Sirkuit Internasional Chang, Buriram. Bahkan jumlah penonton yang hadir tercatat paling tinggi dibandingkan seri-seri yang lain, yakni sebesar 220.000 orang.

Melihat hal ini, Dorna Sport selaku pemegang lisensi hak siar MotoGP turut mengapresiasi pencapaian yang didapatkan oleh Thailand.

“Dukungan fans sangat besar. Akses ke sirkuit sangat cepat, memperlihatkan bahwa mereka mengerti MotoGP. Seperti membuat area komersil dekat dengan paddock, sehingga memberikan aspek positif kepada investor, sponsor, tim, dan pembalap,” ungkap Presiden IRTA (Internasional Road Racing Association), Herve Poncharal.

Herve menambahkan sinergisitas antara pihak penyelenggara turut andil dalam kesuksesan tersebut. Sebab mereka semua dapat menyelesaikan masalah yang timbul secara cepat.

Tidak dapat dipungkiri, setelah Malaysia dan Singapura, saat ini Thailand menjadi pilar ketiga di Asia Tenggara dalam dunia balap internasional. Bahkan sebelum menjadi tuan rumah MotoGP, Thailand kerap menjadi tempat penyelenggaraan kompetisi internasional lainnya, yakni ARRC.

Berkaca dari hal itu, Indonesia seharusnya dapat mencontoh Thailand. Sebab fans base MotoGP di Indonesia terbilang sangat besar. Sayangnya hal itu tidak ditunjang dengan fasilitas yang mumpuni. Terbukti, Sirkuit Sentul telah dicoret dalam kalender ARRC musim depan.

Namun, secercah harapan muncul saat Indonesia berambisi untuk mengadakan kejuaraan MotoGP. Bahkan terdengar kabar akan dibangun sirkuit berstandar internasional di Palembang dan juga daerah Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Sayangnya hingga kini belum ada kejelasan lebih lanjut mengenai hal itu.

Editor : Bagusthira Evan Pratama

Reporter : (mat/JPC)

Thailand Terpilih Menjadi Seri MotoGP Terbaik, Indonesia Kapan?