alexametrics

Tidak Ada Perbedaan Gender Dalam Olahraga Balap

10 April 2019, 04:41:08 WIB

JawaPos.com – Eksistensi kaum hawa di dunia balap motor semakin menonjol. Dewasa ini, banyak pembalap perempuan yang mampu bersinar di kancah internasional.

Stigma olahraga balap hanya dikhususkan untuk laki-laki perlahan telah memudar. Sebab ada sejumlah joki kenamaan dunia yang merupakan seorang perempuan. Sebut saja Ana Carrasco, Beatriz Neila, Alexandra Pelikanova, dan Steffie Naud.

“Saya senang bisa melihat lebih banyak wanita di olahraga balap motor. Sekarang sudah ada empat pembalap wanita di ajang World Supersport 300. Saya rasa sesuatu telah berubah dan kita harus bisa memanfaatkan hal ini,” ujar Ana Carrasco dikutip dari GPone.

Ana menambahkan, statusnya sebagai seorang perempuan tidak lantas membuat dirinya merasa lebih lemah dari pembalap pria. Sebab menurutnya tidak ada perbedaan gender dalam olahraga balap.

“Ini normal bagi saya. Ketika berada dalam lintasan, saya tidak berpikir mengenai diri saya yang berstatuas perempuan. Namun, saya menganggap diri saya sebagai seorang pembalap. Untuk saya, dalam balapan tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan,” tegasnya.

Keberadaan sejumlah pembalap perempuan bukan sekadar meramaikan persaingan di atas lintasan saja. Lebih dari itu, mereka bisa juara dan hal tersebut telah diperlihatkan Ana di ajang World Supersport 300 pada 2018 lalu.

Editor : Bagusthira Evan Pratama

Reporter : Bintang Rahmat



Close Ads