JawaPos Radar

Formula 1 GP Tiongkok 2018

Senggolan dan Perjudian Red Bull Sokong Ricciardo ke Podium Juara

15/04/2018, 16:48 WIB | Editor: Agus Dwi W
daniel ricciardo
Daniel Ricciardo merayakan kesuksannya menjuarai GP Tiongkok 2018. (AFP)
Share this image

JawaPos.com - Balap Formula 1 seri GP Tiongkok sempat dinilai bakal menjadi milik Sebastian Vettel. Pembalap Ferrari ini mengawali sesi latihan pertama dengan tidak maksimal. Perlahan tapi pasti, penampilannya kian membaik hingga menjadi yang tercepat di sesi latihan ketiga dan babak kualifikasi.

Vettel pun menempati pole position di balapan sebenarnya. Sejak start, pembalap asal Jerman ini pun langsung memimpin barisan terdepan. Posisi ini mampu dipertahankan Vettel hingga melewati 20 lap. Namun, kesalahan perhitungan yang dilakukan tim Ferrari membuat posisi Vettel melorot ke posisi 3 usai melakukan pit stop pada menit 20.

Vettel berada di belakang Kimi Raikkonen dan Valtteri Bottas. Pada lap 27, Kimi disalip Bottas. Tak lama kemudian giliran Vettel yang menyalipnya. Kimi pun dipanggil masuk pit untuk melakukan pergantian ban.

sebastian vettel
Sebastian Vettel sempat memimpin di awal balapan seri GP Tiongkok 2018. (AFP)

Memasuki lap ke-30 sebuah insiden terjadi antara pembalap tim Torro Rosso, Pierre Gasly yang menghantam rekan satu timnya, Brendon Hartley. Insiden ini pun membuat sirkuit dipenuhi pecahan mobil dan membuat safety car keluar dari sarangnya. Hartley sendiri tak bisa menyelesaikan lomba karena mobilnya mengalami kerusakan.

Saat itulah perjudian dilakukan tim Red Bull Racing. Dua pembalapnya, Daniel Ricciardo dan Max Verstappen dipanggil masuk ke dalam pit. Keduanya melakukan pergantian ban menjadi tipe soft. Memang, Ricciardo dan Verstappen kehilangan posisi mereka saat dipanggil masuk ke pit, tapi dampak yang didapat jauh lebih maksimal.

Percepatan jet darat tim Red Bull yang menggunakan mesin Mercedes ini pun lebih unggul dari tim lain yang masih menggunakan ban bertipe medium. Satu demi satu pembalap yang ada di depan mereka disalip. Termasuk dua pembalap tim Mercedes yang ada di depan mereka.

Saat balapan menyisakan 15 putaran lagi, Ricciardo menyalip Hamilton. Saat itu, Ricciardo pun mencatatkan lap tercepat dengan waktu 1:36:608 detik. Tak lama kemudian, giliran Vettel yang disalip oleh Ricciardo.

Sayang, upaya mendahului yang dilakukan Verstappen terhadap Vettel berbuah senggolan. Keduanya pun melintir dan mobil sempat melintang di tengah sirkuit. Posisi Verstappen pun melorot ke posisi 5 sementara Vettel menjadi ke-7. Insiden senggolan ini langsung diselidik saat itu juga oleh race direction.

Di sisi lain, penampilan Ricciardo pun memasuki puncaknya pada lap 45. Dia sukses menyalip Bottas dari sisi dalam dengan bersih. Pembalap asal Australia ini tak tertahan lagi untuk menjadi juara. Jarak dengan Bottas terus bertambah besar di setiap lap. Dari mulai 4 detik hingga selisih hampir 9 detik di akhir balapan.

Persaingan pun akhirnya menyisakan 3 pembalap di belakang Ricciardo. Pada 6 lap terakhir, Bottas bersaing ketat dengan Raikkonen dan Verstappen untuk memperebutkan dua posisi podium. Dengan jarak kurang dari 1 detik, satu kesalahan yang dilakukan Bottas akan membuat dirinya kehilangan posisi.

Beruntung, Verstappen tampaknya kehilangan grip pada ban mobilnya. Hal ini terlihat dalam laporannya melalui head set kepada timnya di pit stop. Sehingga dia tak bisa maksimal mengejar posisi Bottas.

Verstappen sebenarnya menyelesaikan balapan di posisi ke-4. Namun, akibat aksinya yang membuat Vettel melintir, Verstappen pun harus mendapat hukuman 10 detik. Membuat posisinya melorot ke peringkat 5. Sementara di posisi 5 diisi oleh Lewis Hamilton. Vettel yang berambisi meraih kemenangan ketiganya, harus rela berada di posisi 8.


Berikut Hasil Formula 1 GP Tiongkok 2018

1 Daniel Ricciardo (RED BULL RACING) 1:35:36.380
2 Valtteri Bottas (MERCEDES) +8.894
3 Kimi Räikkönen (FERRARI) +9.637
4 Lewis Hamilton (MERCEDES) +16.985
5 Max Verstappen (RED BULL RACING) +20.436
6 Nico Hulkenberg (RENAULT) +21.052
7 Fernando Alonso (MCLAREN RENAULT) +30.639
8 Sebastian Vettel (FERRARI) +35.286
9 Carlos Sainz (RENAULT) +35.763
10 Kevin Magnussen (HAAS FERRARI) +39.594
11 Esteban Ocon (FORCE INDIA MERCEDES) +44.050
12 Sergio Perez (FORCE INDIA MERCEDES) +44.725
13 Stoffel Vandoorne (MCLAREN RENAULT) +49.373
14 Lance Stroll (WILLIAMS MERCEDES) +55.490
15 Sergey Sirotkin (WILLIAMS MERCEDES) +58.241
16 Marcus Ericsson (SAUBER FERRARI) +62.604
17 Romain Grosjean (HAAS FERRARI) +65.296
18 Pierre Gasly (SCUDERIA TORO ROSSO HONDA) +66.330
19 Charles Leclerc (SAUBER FERRARI) +82.575
20 Brendon Hartley (SCUDERIA TORO ROSSO HONDA) DNF

(adw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up