alexametrics
Formula 1 GP Tiongkok 2019

Ukir Waktu Tercepat di Kualifikasi, Bottas Raih Pole Position GP Tiongkok

13 April 2019, 19:04:22 WIB

JawaPos.com – Pembalap Mercedes, Valtteri Bottas, berhasil meraih pole position pada balapan Formula 1 GP Tiongkok. Pembalap asal Finlandia itu tampil tercepat dalam kualifikasi yang digelar, Sabtu (13/4). Bottas meraih catatan waktu 1 menit 32,658 detik.

Balapan di Tiongkok pada musim 2019 merupakan milestone dalam sejarah Formula 1. Race yang dihelat di Sirkuit Internasional Shanghai itu merupakan balapan ke-1.000 dalam sejarah F1. Tentunya menjadi hari yang spesial bagi Bottas.

Selain itu, Bottas akhirnya meraih pole position lagi setelah terakhir kali dilakukan di GP Rusia pada 2018. Artinya, sudah cukup lama Bottas puasa pole position dan pada akhirnya kembali merasakannya pada GP Tiongkok 2019.

“Akhir pekan yang luar biasa memulai balapan dari posisi pertama. Saya rasa keberuntungan saja tak cukup untuk meraih pole position. Mobil menjadi penentu dan mobil yang saya kendarai sangat bagus,” jelas Bottas seperti dilansir Formula1.com.

Akhir pekan ini bukan hanya luar biasa untuk Bottas. Namun juga Mercedes. Pasalnya, mereka mampu start posisi satu dan dua di GP Tiongkok, balapan ke-1.000 dalam sejarah F1. Lewis Hamilton yang menjadi partner Bottas, mampu meraih start posisi kedua (P2). Hamilton mencatat waktu 1 menit 33,115 detik.

Sementara itu, duet Ferrari yakni Sebastian Vettel dan Charles Leclerc start pada posisi 3 dan 4. Vettel sendiri meski start dari posisi 3 (P3) tetap optimistis bisa meraih hasil masikmal di Tiongkok.

“Saya tetap senang meski start dari P3. Mobil kami mengalami perkembangan yang bagus. Justru dari posisi ketiga saya bisa melakukan hal yang mengejutkan,” ungkap Vettel.

Seperti diketahui, pada musim lalu di GP Tiongkok, Vettel mampu start dari posisi pertama. Namun, dia gagal naik podium setelah hanya mampu finis di posisi ke-8. Kini, Vettel tak lagi start dari posisi pertama, hal ini membuat dia justru yakin bisa melakukan hal yang mengejutkan.

Dalam sejarah GP Tiongkok, Hamilton memegang rekor paling sering juara. Dia melakukannya pada 2008, 2011, 2014, 2015, dan 2017. Musim lalu, juara direbut oleh Daniel Ricciardo (Red Bull).

Editor : Edy Pramana

Close Ads