alexametrics
Formula 1 2019

Pembalap Ini Resah Ada Jurang Pemisah Antara Tim-tim F1

11 Februari 2019, 19:30:25 WIB

JawaPos.com – Perbedaan kualitas antara tim papan atas dan bawah dalam kompetisi Formula 1 terlihat semakin besar. Hal itu diungkapkan oleh pembalap Rich Energy Haas F1 Team, Romain Grosjean.

Hingga kini tercatat ada tiga tim yang mendominasi posisi atas dalam kompetisi F1 dari musim ke musim. Ketiganya adalah Mercedes, Ferrari, dan Red Bull Racing. Sementara tim lainnya selalu berada di urutan bawah klasemen.

Grosjean menilai hal itu akan menyebabkan ketimpangan dalam jalannya persaingan. Bahkan ia khawatir dapat mempengaruhi sponsor yang masuk untuk masing-masing tim. Sebab pihak sponsor tentu akan memprioritaskan tim yang berada di papan atas saja.

Bahkan ada kemungkinan tim-tim bawah tidak akan dapat mencicipi kemenangan hingga tahun 2021. Mengingat pada tahun itu, F1 akan menetapkan regulasi untuk menciptakan persaingan yang imbang.

“Saya berpikir F1 harus lebih baik agar tim bawah dapat membuka peluang kemenangan. Saya tidak yakin hal itu akan terjadi sebelum tahun 2021,” ungkapnya sebagaimana dilansir dari Crash.

Grosjean mengungkapkan, seharusnya persaingan dalam meraih gelar juara melibatkan banyak tim. Jika ketimpangan terus terjadi, maka kompetisi F1 akan terasa sangat membosankan.

“Idealnya Anda akan senang jika banyak tim yang bertarung untuk meraih kemenangan. Saya berpikir orang-orang seperti Gene Haas (pemilik tim Haas) akan sangat senang melihatnya. Jika tidak, apa gunanya ikut balapan yang hasilnya selalu sama,” tegasnya.

Kendati demikian, Grosjean mengaku persaingan untuk tim-tim bawah sendiri sudah mulai seimbang. Mereka semua sudah dapat bersaing secara kompetitif, meskipun belum dapat mengikuti persaingan tim papan atas.

Editor : Bagusthira Evan Pratama

Reporter : Bintang Rahmat

Copy Editor :

Pembalap Ini Resah Ada Jurang Pemisah Antara Tim-tim F1