alexametrics
Formula 1 2019

Max Verstappen Akui Performa Mobil RB15 Perlu Dibenahi

5 April 2019, 14:27:08 WIB

JawaPos.com – Usai menjalani seri Bahrain, banyak tim Formula 1 musim ini yang langsung melakukan evaluasi besar-besaran terhadap kinerja mobilnya. Salah satunya adalah tim Red Bull.

Seri Bahrain menjadi hasil buruk yang diraih oleh Red Bull musim 2019. Pasalnya tidak ada satu pun pembalap Red Bull yang naik podium.

Tercatat Max Verstappen hanya mampu meraih posisi keempat. Sementara Pierre Gasly harus terpuruk di posisi kedelapan. Tentunya hasil tersebut terbilang memalukan untuk tim sekelas Red Bull.

Alhasil, melalui sesi tes Bahrain, kedua pembalap ini mulai melakukan peningkatan performa pada mobilnya. Mereka tidak ingin kegagalan yang sama terulang kembali pada seri Tiongkok nanti.

“Kamu bisa bekerja pada setiap area. Kami tahu apa yang salah di sini. Misal pada grip (daya cengkeram) di bagian belakang, jadi kami akan perbaiki di sana,” jelas Verstappen.

Beruntung pada sesi tes pertama, Selasa (2/4) lalu, Verstappen mampu meraih hasil positif. Pada saat itu dia dapat menempati posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 29,379 detik

Sayangnya hasil positif itu belum membuat Verstappen senang. Dia menilai melalui data-data baru yang didapatkannya, mobil RB15 masih memiliki banyak hal yang harus dikembangkan.

“Ini terkait segalanya. Kamu selalu mau lebih banyak downforce (gaya tekan ke bawah), tetapi kamu juga harus bisa menyeimbangkannya. Jelas kami melakukan kesalahan pada akhir minggu lalu (seri Bahrain). Jadi itulah mengapa sesi tes kemarin sangat penting bagi kami,” imbuhnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Bintang Rahmat