alexametrics
Piala Sudirman 2019

Tiongkok dan Jepang Kandidat Kuat Juara Piala Sudirman 2019

30 April 2019, 16:27:37 WIB

JawaPos.com – Sulit memungkiri fakta bahwa Tiongkok dan Jepang adalah dua kandidat terkuat yang bakal menjuarai Piala Sudirman 2019. Dibanding negara-negara lain, Negeri Tirai Bambu dan Negeri Natahari Terbit adalah dua negara superior yang boleh dibilang punya komposisi pemain paling solid di semua sektornya.

Tiongkok jelas punya keuntungan ekstra pada Piala Sudirman tahun ini. Pasalnya, mereka berstatus sebagai tuan rumah. Tak hanya itu, mereka juga berhasil menambal kebocoran-kebocoran dalam tim yang membuat dominasi mereka runtuh di 2017 dan 2018 kemarin.

Selepas tahun 2016, tepatnya setelah Olimpiade Rio de Janeiro 2016 usai, Tiongkok kehilangan kekuatan di dua sektor andalan mereka, yakni tunggal putri dan ganda putri. Terkenal sebagai negara yang paling tokcer dalam mencetak pemain-pemain putri superior sejak dulu, Tiongkok mendadak menjadi singa ompong di tahun 2017 dan 2018. Tunggal putri mereka dilibas habis oleh pemain-pemain negara lain hampir di setiap turnamen. Hanya segelintir gelar yang bisa mereka menangkan.

Beruntung, Tiongkok sudah menemukan jalan keluarnya di tahun ini. Mereka berhasil memoles Chen Yufei menjadi salah satu pemain putri yang paling diperhitungkan dan tidak bisa diremehkan tahun ini. Gelar All England  2019 yang sukses ia raih sudah menjadi peringatan kecil untuk negara-negara lain bahwa tunggal putri Tiongkok sudah mulai bangkit.

Kekhawatiran Tiongkok akan sektor ganda putri yang performanya juga terjun bebas di 2018 pun sudah teratasi setelah Chen Qingchen/Jia Yifan sukses menyabet gelar-gelar besar tahun ini seperti All England 2019 dan Kejuaraan Asia 2019.

Kekuatan Tiongkok di tiga sektor lainnya pun tidak bisa dianggap enteng. Kedigdayaan Zheng Siwei/Huang Yaqiong dan Wang Yilyu/Huang Dongping di ganda campuran, Shi Yuqi dan Chen Long di tunggal putra, serta Li Junhui/Liu Yuchen di nomor ganda putra tentu perlu diwaspadai.

Pelatih kepala timnas bulu tangkis Tiongkok Zhang Jun tidak menampik bahwa ia sangat bernafsu memenangkan Piala Sudirman 2019 setelah dua tahun lalu dipecundangi Korea Selatan 2-3 di babak final.

“Kekalahan dua tahun lalu pastinya sangat menyakitkan. Tapi itu jadi pelajaran buat kami untuk menyusun ulang tatanan tim kami. Karena kekalahan kemarin lah kami berhasil meracik sektor ganda campuran dengan lebih baik lagi,” ujar Jun seperti dilansir situs resmi BWF.

Sama seperti Tiongkok, Jepang juga punya susunan pemain yang tentu membuat lawan mereka bergidik. Meski tengah pincang di sektor ganda campuran lantaran salah satu pemain andalan Arisa Higashino tengah dibekap cedera, empat sektor lain yang dimiliki Jepang masih sangat kuat.

Ujung tombak tunggal putra Kento Momota diperkirakan bisa menyapu bersih semua laga yang bakal dijalani Jepang nanti. Dua pemain andalan tunggal putri Nozomi Okuhara dan Akane Yamaguchi pun bisa menjadi sumber pundi-pundi poin Jepang.

Sektor andalan lainnya, yakni ganda putri, tentunya akan menjadi momok yang paling ditakuti negara lain. Jepang memboyong tiga pasangan terbaik dunia saat ini, yakni Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi, dan Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara.

Sektor ganda putra yang baru saja ditangani oleh pelatih anyar asal Malaysia Tan Kim Her pun sudah mulai menunjukkan perkembangan. Performa Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, dan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dalam beberapa pekan belakangan harus diakui menunjukkan peningkatan.

Meski sadar menjadi tim yang diunggulkan juara, mereka tidak mau jemawa. Nozomi Okuhara menyadari bahwa perjuangan mereka di Piala Sudirman 2019 tidak akan mudah karena semua tim pasti mengincar untuk membasmi mereka.

“Saat ini tim kami memang yang nomor 1. Rekan-rekan tim saya adalah pemain-pemain terbaik di sektor mereka masing-masing, tapi tentu itu tidak otomatis membuat kami pasti jadi juara. Perjuangan kami akan sangat berat, karena pertandingan beregu sangat berbeda dengan pertandingan individu,” ujar Nozomi.

Piala Sudirman 2019 akan berlangsung pada 19-26 Mei di Nanning, Tiongkok.

Editor : Banu Adikara



Close Ads