alexametrics
Piala Sudirman 2019

Park Joo Bong Angkat Bicara Soal Performa Akane dan Momota

26 Mei 2019, 22:03:09 WIB

JawaPos.com – Pelatih kepala timnas bulu tangkis Jepang Park Joo Bong hanya bisa elus dada melihat timnya luluh lantak di tangan Tiongkok dengan skor 0-3 di partai final Piala Sudirman 2019. Joo Bong menyoroti khusus performa Akane Yamaguchi dan Kento Momota yang semestinya bisa mengambil poin.

Seperti yang sudah diketahui, Tiongkok menang mutlak 3-0 atas Jepang setelah memenangi laga ganda putra, tunggal putri, dan tunggal putra. Setelah Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe kalah di tangan Li Junhui/Liu Yuchen, Jepang sebetulnya berpeluang unggul 2-1 lewat Akane dan Momota.

Di atas kertas, baik Akane maupun Momota sebetulnya berpeluang menang. Sayang, mereka harus kalah di tangan Chen Yufei dan Shi Yuqi.

Akane dan Momota sama-sama memenangi gim pertama sebelum akhirnya mereka gigit jari setelah lawan-lawan mereka merebut dua gim berikutnya. Akane kalah 21-17, 16-21, dan 17-21, sementara Momota keok 21-15, 5-21, dan 11-21.

Menyoal kekalahan tersebut, Joo Bong menjelaskan bahwa Akane dan Momota keok karena pola main mereka yang berubah.

“Akane sempat unggul 11-6 di gim ketiga, tapi dia tidak bisa menjaga ritme permainannya. Akibatnya pun fatal sekali. Momota bermain dengan sangat bagus di gim pertama, tapi dia melambat di gim kedua hingga kalah telak. Kekalahan itu membuatnya tidak bisa bermain dengan cepat di gim ketiga,” ujar Joo Bong.

Joo Bong pun menyesali kekalahan timnya tersebut. “Saya benar-benar minta maaf atas hasil ini,” ujarnya.

Untuk menebus dosanya, Joo Bong berjanji ia akan menggembleng timnya supaya bisa berjaya di Olimpiade Tokyo 2020. “Saya berkomitmen tim bisa bermain lebih baik di Olimpiade,” ujar Joo Bong.

Editor : Banu Adikara