alexametrics
Piala Sudirman 2019

Menang Tipis Atas Taiwan, Indonesia Jumpa Jepang di Semifinal

24 Mei 2019, 14:53:23 WIB

JawaPos.com – Tim nasional bulu tangkis Indonesia memastikan diri membawa pulang medali dari Piala Sudirman 2019. Mereka berhasil melaju ke babak semifinal setelah menang tipis atas Taiwan 3-2, Jumat (24/5).

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menjadi penyumbang poin pertama buat Merah Putih. Mereka menang dua gim langsung atas Lee Yang/Wang Chi Lin dengan skor kembar 21-17 dan 21-17.

Taiwan menyamakan kedudukan lewat ratu bulu tangkis dunia Tai Tzu Ying. Tzu Ying berhasil membuat Gregoria Mariska Tunjung tidak berdaya. Meski sempat memberikan perlawanan, Jorji tidak mampu mengimbangi pola main Tzu Ying. Jorji kalah 16-21 dan 14-21.

“Kecepatan saya berkurang, seperti nggak bisa fokus terus. Mungkin saya kurang sabar juga waktu dia mengatur permainan saya,” ujar Jorji soal kekalahannya.

Taiwan kian berada di atas angin setelah Chou Tien Chen untuk pertama kali dalam karirnya berhasil menumbangkan Jonatan Christie. Jojo, yang punya catatan menang lima kali tanpa balas, hari ini bermain sangat buruk. Ia terus berada dalam tekanan Tien Chen.

Indonesia kemudian tertinggal 1-2 setelah Tien Chen menang dengan skor telak 21-11 dan 21-13. Jojo pun mengakui ia bermain jauh di bawah ekspektasi.

“Lawan terus menekan saya dan tidak memberi ruang untuk melawan balik. Saya terus dibikin lari-lari. Apa yang sudah saya rencanakan tidak berjalan sama sekali,” ujar Jojo.

Titik balik kemenangan Indonesia ditentukan oleh pasangan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Mereka tanpa kesulitan berarti menumbangkan Pai Yu Po/Wu Ti Jung 21-13 dan 21-7.

Indonesia akhirnya bisa bernapas lega setelah Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti sukses mengalahkan ganda campuran Taiwan Wang Chi Lin/Hsieh Pei Shan 21-17 dan 21-15.

Di babak semifinal, Indonesia akan berjumpa dengan tim favorit juara Jepang. Berbeda dengan Indonesia yang harus susah payah bertarung hingga lima laga, Jepang cuma perlu tiga laga untuk memastikan kemenangan 3-0 atas Malaysia.

Tiga poin Jepang disumbang oleh ganda putra Takeshi Kamura/Keigo Sonoda yang nyaris saja kalah dari Ong Yew Sin/Ee Yi Teo. Mereka bertarung selama 1,5 jam sebelum akhirnya Kamura/Sonoda menang 13-21, 26-24, dan 23-21.

Nozomi Okuhara yang turun di laga kedua masih terlalu tangguh buat Soniia Cheah. Nozomi memastikan keunggulan Jepang menjadi 2-0 setelah menang 21-16 dan 21-13.

Perjuangan Malaysia di Piala Sudirman 2019 berakhir setelah wakil tunggal putra Lee Zii Jia harus angkat topi kepada pemain ranking 1 dunia Kento Momota. Zii Jia harus keluar lapangan sembari tertunduk setelah dikalahkan Momota dalam dua gim 18-21 dan 16-21.

Laga semifinal akan berlangsung pada Sabtu (25/5). Selain Indonesia melawan Jepang, dua tim lain yang juga akan berebut tiket babak empat besar adalah Tiongkok dan Thailand.

Editor : Banu Adikara