alexametrics
Piala Sudirman 2019

Jepang Racik Strategi Demi Jegal Indonesia

24 Mei 2019, 16:05:36 WIB

JawaPos.com – Indonesia dan Jepang akan bersua di partai semifinal Piala Sudirman 2019, Sabtu (25/5) besok. Berstatus sebagai tim yang lebih difavoritkan juara, Jepang bertekad merebut tiket final dengan mengandaskan Merah Putih.

Jepang melaju ke semifinal setelah menang mutlak atas Malaysia dengan skor 3-0. Indonesia, di lain pihak, harus bekerja lebih keras untuk melaju ke semifinal. Mereka sempat tersendat dalam laga melawan Taiwan, sebelum akhirnya lolos dengan keunggulan tipis 3-2.

Pelatih kepala timnas bulu tangkis Jepang Park Joo Bong mengaku puas dengan kemenangan timnya hari ini. Namun, ia mengaku masih harus meracik susunan pemain yang tepat untuk diturunkan besok.

Joo Bong mengaku cukup was-was dengan sektor ganda putra. Hal ini bukan cuma semata-mata Indonesia memiliki Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan dua pasangan tangguh lainnya, tapi performa para pemainnya di sektor tersebut belum cukup meyakinkan di turnamen ini.

Kekhawatiran Joo Bong memang beralasan. Dalam tiga laga yang sudah mereka lakoni sejak fase grup, mereka hanya menang meyakinkan satu kali saat berduel dengan Thailand. Selebihnya, mereka menderita satu kekalahan saat melawan Rusia, dan nyaris saja kalah dalam laga melawan Malaysia.

Untuk diketahui, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda sempat dibuat kelimpungan oleh pasangan Malaysia Ong Yew Sin/Ee Yi Teo di laga ganda putra. Meskipun Kamura/Sonoda akhirnya menang 13-21, 26-24, dan 23-21, namun hal ini rupanya tidak terlalu menggembirakan buat Joo Bong.

Menghadapi pasangan ganda putra Indonesia yang lebih tangguh esok hari, baik Kamura/Sonoda maupun Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe tentu tidak bisa main angin-anginan. Meskipun punya potensi memenangkan laga lewat partai lain, mereka akan lebih percaya diri jika bisa merebut poin dari ganda putra.

“Hari ini memang bukan performa terbaik mereka (ganda putra, Red). Ini jadi bahan pertimbangan kami untuk menentukan siapa yang akan turun besok. Secara keseluruhan, mereka main lebih rapi ketimbang saat melawan Rusia dan Thailand,” ujar Joo Bong.

Sementara itu, pemain tunggal putri Nozomi Okuhara mengaku yakin timnya bisa melewati Indonesia.

“Jepang sekarang ini adalah tim yang kuat. Dalam pertandingan beregu seperti ini, hal yang paling dibutuhkan adalah rasa keyakinan pada diri sendiri dan kepercayaan kepada semua anggota tim. Saya yakin tim percaya dengan saya, begitupun saya percaya dengan mereka. Kami ingin jadi juara tahun ini,” ujarnya.

Editor : Banu Adikara



Close Ads