alexametrics

Ditangani Mulyo Handoyo, Singapura Mulai Diperhitungkan

24 Maret 2019, 21:36:15 WIB

JawaPos.com – Januari lalu, pebulu tangkis putra Singapura Loh Kean Yew ramai jadi pembicaraan di kalangan pencinta bulu tangkis setelah berhasil menjuarai Thailand Masters 2019. Meraih trofi juara usai menumbangkan pebulu tangkis besar Lin Dan, keberhasilan Kean Yew tentu tidak bisa dipisahkan dari peran sang pelatih yang berasal dari Indonesia, Mulyo Handoyo.

Resmi melatih Singapura pada 2018 setelah hengkang dari India, Mulyo yang merupakan mantan pelatih Taufik Hidayat itu mulai menunjukkan kebolehannya sebagai pencetak bintang. Mulyo sendiri rela menukangi tim nasional bulu tangkis Singapura karena ia melihat ada banyak potensi yang bisa dikembangkan.

“Singapura adalah salah satu negara yang punya fasilitas olahraga terbaik di dunia. Dengan adanya hal ini, mengembangkan bulu tangkis tentunya sangat mungkin dilakukan di sini,” ujar Mulyo seperti dilansir badmintonasia.org.

Di Kejuaraan Asia Beregu Campuran 2019, Singapura sebetulnya berhasil membuat kejutan meski tidak terlalu disorot. Berada satu grup bersama India dan Taiwan, Negara Singa secara tidak terduga berhasil lolos ke babak perempat final. Mereka berhasil mengalahkan India 3-2, dan hanya kalah tipis 2-3 dari Taiwan. Singapura ahirnya harus hengkang setelah dipecundangi 0-3 oleh Indonesia di babak perempat final.

Melihat hasil tersebut, Mulyo meyakini bahwa dengan fasilitas dan atlet berbakat yang ada, ia bisa melahirkan nama-nama baru yang akan menghiasi kancah bulu tangkis dunia. Kendalanya kini tinggal pada masalah konsistensi para atletnya dalam menjalani pertandingan.

“Mereka hanya butuh konsistensi di setiap permainan supaya bisa terus naik level secara perlahan,” ujar Mulyo.

Editor : Banu Adikara

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Ditangani Mulyo Handoyo, Singapura Mulai Diperhitungkan