alexametrics
Piala Sudirman 2019

Dikalahkan Denmark, Susy Susanti: Hafiz/Gloria Demam Panggung

23 Mei 2019, 14:36:26 WIB

JawaPos.com – Indonesia dikalahkan Denmark dengan skor 2-3 di laga terakhir grup B Piala Sudirman 2019. Meski hal itu tetap membuat mereka menjadi juara grup dan melenggang ke perempat final, hasil minor tersebut tetap tidak diharapkan oleh PBSI.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Susy Susanti mengakui bahwa awalnya mereka mengincar kemenangan lewat partai ganda campuran, ganda putra, dan ganda putri. Sayang, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja yang turun di partai pertama gagal memenuhi ekspektasi.

Kalah di tangan Mathias Christiansen/Sara Thygesen dengan skor 17-21 dan 11-21, Indonesia kemudian kehilangan dua poin berikutnya di laga tunggal putra dan tunggal putri.

“Kami kecolongan di ganda campuran yang tampil tidak maksimal. Bukan berarti kami kasih (kemenangan buat Denmark, Red) atau apa. Nggak kok. Kami mau menang, tiap tanding mau kasih yang terbaik,” ujar Susy, Kamis (23/5).

Soal penampilan mengecewakan Hafiz/Gloria, Susy menuturkan bahwa keduanya tidak bermain sesuai harapan karena dibekap rasa tegang.

“Sebetulnya Hafiz/Gloria semangat dan mau menyumbang angka tapi tidak dalam posisi pola permainan normal. Mereka demam panggung, tertekan lawan dan permainan mereka tidak keluar,” kata Susy lagi.

Kekalahan Hafiz/Gloria pun membuat Indonesia akhirnya salah perhitungan. Pasalnya, peluang kemenangan sektor tunggal putra dan tunggal putri tidak sebesar ganda putra maupun ganda putri. Benar saja, baik Anthony Sinisuka Ginting maupun Fitriani terbukti tidak berdaya di hadapan Viktor Axelsen dan Mia Blichfeldt.

“Kami tadinya berharap Anthony bisa menang. Fitri seharusnya bisa ambil game kedua. Kalau lihat head to head (dengan Mia, Red), dua tahun lalu bisa menang, tapi sekarang (kemarin, Red) di bawah kontrol lawan. Kenapa tidak menurunkan Gregoria (Mariska Tunjung, Red), karena dari head to head di pertemuan terakhir dia kalah dari Mia, jadi takutnya kalah di pedenya,”  kata Susy.

Indonesia akan menghadapi Taiwan di babak perempat final. Laga perempat final akan berlangsung pada Jumat (24/5) pukul 10.00.

Editor : Banu Adikara



Close Ads