alexametrics
Olimpiade Tokyo 2020

Koh Chris Sebut Nasib Siwei/Yaqiong Bisa Seperti Zhang Nan/Zhao Yunlei

Pemain Dominan Belum Tentu Juara di Olimpiade
23 Maret 2019, 17:28:57 WIB

JawaPos.com – Zheng Siwei/Huang Yaqiong tidak diragukan lagi merupakan pasangan ganda campuran terbaik di dunia saat ini. Dominasi mereka membuat keduanya digadang-gadang bakal menjadi juara di Olimpiade Tokyo 2020. Namun, legenda bulu tangkis Indonesia Christian Hadinata punya pendapat sendiri.  

Menurut Chris, bukan jadi sebuah keniscayaan pasangan yang paling dominan di turnamen reguler BWF bisa menjadi juara di event sebesar Olimpiade. “Pemain favorit itu belum tentu bisa juara Olimpiade. Banyak yang difavoritkan justru terpeleset atau mainnya tak seperti di turnamen sebelum Olimpiade,” ujar Chris, Sabtu (23/3).

Pernyataan Chris tersebut bukannya tanpa bukti kuat. Ia memberi contoh pasangan legendaris Tiongkok Zhang Nan/Zhao Yunlei di Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Terlepas dari fakta keduanya pernah menjadi juara di Olimpiade London 2012, keduanya pun bisa tergelincir meskipun sangat diunggulkan juara.

Waktu itu, Nan/Yunlei harus tersingkir di babak semifinal setelah dikalahkan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Padahal, di turnamen reguler, Owi/Butet sangat sulit menang dari Nan/Yunlei.

Melihat fakta tersebut, Chris pun menilai bahwa nasib Siwei/Yaqiong tentu bisa sama seperti Nan/Yunlei. Makanya, Chris menuturkan, pemain Indonesia seperti Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja bisa merebut kemenangan dari Siwei/Yaqiong di Tokyo nanti.

“Mereka (Praveen/Melati dan Hafiz/Gloria) harus termotivasi dan latihan yang keras. Kalau Olimpiade 2020 nanti ganda campuran bisa juara lagi, itu belum pernah kejadian di Indonesia. Dua Olimpiade beruntun juara di nomor yang sama,” tutup Chris.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Isa Bustomi

Copy Editor :

Koh Chris Sebut Nasib Siwei/Yaqiong Bisa Seperti Zhang Nan/Zhao Yunlei