alexametrics
Piala Sudirman 2019

Rusia Tinggalkan Nanning dengan Kepala Tegak

22 Mei 2019, 12:51:54 WIB

JawaPos.com – Rusia dipastikan tersingkir dari Piala Sudirman 2019 setelah ditundukkan Jepang dan Thailand di fase grup. Namun, mereka boleh hengkang dengan kepala tegak. Berstatus sebagai underdog di grup A, Rusia tampil cukup apik.

Setelah memaksa Jepang bekerja keras sebelum akhirnya kalah 2-3, hal yang sama kembali terulang saat mereka menghadapi Thailand. Bertarung pada Selasa (21/5) malam kemarin, Beruang Merah sempat membuat Gajah Putih kerepotan meski pertandingan akhirnya selesai dengan kedudukan 2-3 untuk kemenangan Thailand.

Dua poin yang didulang Rusia kembali datang dari pemain tunggal putra Vladimir Malkov dan ganda putra andalan Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov. Malkov, yang sudah mencuri perhatian setelah menumbangkan Kenta Nishimoto di laga kontra Jepang, kembali membuktikan bahwa Rusia tidak bisa dianggap enteng. Ia melibas Kantaphon Wangcharoen dalam dua gim langsung dengan skor 21-13 dan 21-15.

Sebelum Malkov menang, Ivanov/Sozonov sudah lebih dulu menyumbang poin untuk Rusia usai membabat Kittinupong Kedren/Nipitphon Phuangphuapet 21-11, 19-21, dan 21-15.

Sayang, tiga sektor Rusia lainnya tidak mampu mengamankan satu poin tersisa untuk menyegel kemenangan. Evgeniya Kosetskaya tidak bisa berbuat banyak di hadapan ratu bulu tangkis Thailand Ratchanok Intanon. Ratchanok menang telak 21-7 dan 21-16.

Sektor putri Thailand berhasil menyamakan kedudukan lewat ganda putri Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai. Mereka membuat kedudukan menjadi 2-2 setelah menundukkan Ekaterina Bolotova/Alina Davletova 21-19 dan 21-14.

Jongkolphan mengaku sangat lega bisa memenangkan laga tersebut. “Rasanya tegang sekali saat kami tertinggal 1-2 dari Rusia. Tapi setelah kami memenangi gim pertama, kami lebih bisa main dengan rileks di gim kedua,” ujar Jongkolphan.

Rusia masih punya harapan terakhir dari pasangan ganda campuran Evgenij Dremin/Evgenia Dimova. Namun, mereka bukan tandingan Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai. Dechapol/Sapsiree menang dua gim 21-10 dan 21-11.

Meski kalah, pelatih kepala timnas bulu tangkis Rusia Klavdiya Mayorova tidak merasa kecewa. Ia mengaku bangga dengan perjuangan pasukannya yang bisa memaksa Jepang dan Thailand bermain ketat. Mayorova memberikan pujian khusus kepada Malkov dan Ivanov/Sozonov yang sukses memenangkan semua laga yang mereka mainkan.

“Jepang dan Thailand adalah lawan yang sangat tangguh. Tentu bukan perkara mudah memenangkan pertandingan melawan mereka. Tapi, saya senang dengan kemenangan mereka (Malkov dan Ivanov/Sozonov, Red). Turnamen ini juga merupakan ajang pengumpulan poin Olimpiade Tokyo 2020, dan hasil yang mereka raih di sini cukup baik,” katanya.

Sementara itu, kemenangan Thailand atas Rusia pun membuat mereka otomatis lolos ke babak perempat final. Mereka tinggal berebut status juara grup dengan Jepang pada laga terakhir grup A yang akan berlangsung Rabu (22/5) malam ini.

Editor : Banu Adikara