alexametrics

Tidak Gengsi Ke Partner jadi Salah Satu Kunci Sukses Hendra Setiawan

21 Juni 2019, 16:25:29 WIB

JawaPos.com – Pebulu tangkis putra Indonesia Hendra Setiawan menuturkan bahwa salah satu kunci keberhasilannya sebagai pemain ganda putra terbaik di dunia adalah lancarnya komunikasi dengan partner di lapangan. Meski kelihatannya sepele, tapi komunikasi punya peran sangat besar dalam pertandingan.

Hendra menuturkan, komunikasi di lapangan tidak melulu soal penerapan strategi, tapi juga memberitahu partner soal kondisinya di lapangan saat itu, khususnya ketika permainannya sedang buruk.

Hendra menjelaskan bahwa kondisi off, alias tidak bermain pada kondisi prima, memang akan sangat berpengaruh pada permainan partner. Makanya, kata Hendra, pasangan harus saling bicara jujur agar bisa menemukan solusi terbaik.

“Yang penting ngomong sama partner. Kalau mainnya lagi nggak enak, harus diomongin. Harus mengakui, jangan gengsi. Sebenarnya semua pemain pasti tahu kalau partnernya mainnya lagi nggak enak, tapi akan lebih baik kalau bilang saja,” ujar Hendra, Jumat (21/6).

Hendra menuturkan, keadaan akan semakin sulit jika ia dan partnernya juga sama-sama sedang tidak bagus di hari itu. Jika hal ini terjadi, diskusi intensif harus terus dilakukan sembari menjalani pertandingan.

“Pernah juga kami dua-duanya sama-sama lagi nggak enak mainnya. Kami diskusikan berdua, mau bagaimana ini? Apa main defense dulu? Harus ngomong. Kalau partner yang lagi nggak enak, ya harus dimengerti,” tuturnya.

Hendra melanjutkan, saat berpartner bersama Mohammad Ahsan maupun Markis Kido, mereka terpaksa bertukar peran di dalam lapangan untuk mengatasi gangguan itu. Hendra, yang dikenal sebagai pemain spesialis net, mau tidak mau harus berganti posisi ke belakang jika permainan netnya sedang jelek.

“Kalau sudah dapet feel-nya, bisa balik lagi. Tapi kalau sampai akhir pertandingan belum balik ya bisa sampai akhir ganti peran. Semua balik lagi tergantung kondisi di lapangan,” ujarnya.

Editor : Banu Adikara