alexametrics
Piala Sudirman 2019

PBSI: Jojo dan Ginting Sudah Bukan Bumi dan Langit Lagi dengan Axelsen

21 Mei 2019, 14:00:40 WIB

JawaPos.com – Pelatih kepala tunggal putra PBSI Hendry Saputra masih belum menentukan pemain yang bakal menghadapi Viktor Axelsen dalam laga kontra Denmark di Piala Sudirman 2019, Rabu (22/5) besok. Baik Jonatan Christie maupun Anthony Sinisuka Ginting harus siap mengemban tugas tersebut bila Axelsen diturunkan besok.

Meski belum memutuskan siapa yang bakal menghadapi The Great Dane, Hendry tetap yakin dua anak didiknya itu punya kesempatan yang besar untuk menundukkan Axelsen. Buat Hendry, kemampuan Jojo dan Ginting saat ini sudah berada satu level dengan Axelsen.

“Tiga sampai empat tahun lalu, Jonatan dan Anthony ibaratnya masih bagaikan bumi dan langit dengan Axelsen. Kalau menurut saya Anthony dan Jonatan sekarang sudah bisa dibilang satu level dengan Axelsen dan pemain top lainnya,” ujar Hendry, Selasa (21/5).

Dari rekor pertemuan, Jojo dan Ginting memang sudah pernah mengatasi Axelsen. Ginting tercatat dua kali menang, sementara Jojo satu kali menang.

Hendry pun menegaskan bahwa siapapun yang turun besok, ia berharap anak asuhnya bisa bermain dengan baik dan ‘bersih’.

“Saya harap mereka bisa konsisten, jangan gampang buang bola. Di pertemuan terakhir dengan Axelsen, Jonatan kalah di finishing, dan cara mainnya salah sehingga mudah dimatikan. Anthony pernah mengalahkan Axelsen, tapi dia harus bisa kurangi kesalahan sendiri dan mainnya lebih fokus,” jelas Hendry.

Mengenai penentuan siapa yang akan turun, Hendry menuturkan bahwa ia akan mengadakan rapat terlebih dahulu dengan PBSI.

“Nanti ditentukan setelah rapat tim. Kalau pilih yang pasti menang kan pasti susah. Kami memilih pemain yang diharapkan bisa menang, bukan dipastikan menang,” tutur Hendry.

Laga Indonesia melawan Denmark akan berlangsung besok sore pukul 17.00. Indonesia sendiri sudah dipastikan lolos dari fase grup dan melenggang ke perempat final usai menang 4-1 dari Inggris pada 19 Mei lalu. Sementara bagi Denmark, laga besok menjadi laga penentuan karena, secara tidak terduga, mereka kalah 2-3 dari Inggris.

Supaya bisa mengamankan tiket perempat final, Denmark harus menang dengan minimal kedudukan 3-2 atas Merah Putih. Bila kedudukan tersebut terealisasi, maka Denmark akan lolos dari lubang jarum sebagai runner up grup dengan Indonesia sebagai juara grup.

Denmark bisa lolos sebagai juara grup bila bisa mengandaskan Indonesia dengan skor 4-1 atau 5-0. Jika skenario ini terjadi, Indonesia tetap akan lolos ke perempat final dengan status runner up grup.

Jika besok Indonesia sukses mengalahkan Denmark dengan skor berapa pun, maka otomatis Denmark harus angkat kaki dari Piala Sudirman 2019 karena mereka menelan dua kali kekalahan. Inggris akan mengikuti Indonesia ke babak delapan besar sebagai runner up grup.

Editor : Banu Adikara

Saksikan video menarik berikut ini: