alexametrics

Praveen Jordan Sebut Siwei/Yaqiong Cuma Menang Pede

21 Maret 2019, 13:04:08 WIB

JawaPos.com – Kekalahan dari Zheng Siwei/Huang Yaqiong di babak semifinal All England 2019 dua pekan lalu membuat pebulu tangkis putra Indonesia Praveen Jordan menyadari satu hal. Praveen menyebutkan bahwa Siwei/Yaqiong bisa begitu dominan karena mereka punya rasa percaya diri yang begitu besar dibanding pasangan lain.

Hal ini memang terlihat jelas dalam pertemuan Praveen dan partner Melati Daeva Oktavianti dengan Siwei/Yaqiong di All England 2019. Siwei/Yaqiong mampu membalikkan keadaan ketika sudah nyaris kalah di gim kedua saat skor menunjukkan angka 20-17 untuk Praveen/Melati. Praveen/Melati akhirnya harus gigit jari usai tumbang 21-13, 20-22, dan 13-21.

Menyoal pola permainan, Praveen menyebutkan bahwa sebenarnya Siwei/Yaqiong pun memiliki kelemahan. Hanya saja, mental bertanding mereka jauh lebih bagus.

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, bulu tangkis, PBSI
Zheng Siwei/Huang Yaqiong (bwfbadminton.com)

“Saya tahu kelemahan mereka. Kelemahan mereka itu sebenarnya di pola. Mereka lebih diunggulkan karena lebih pede dari pasangan lain. Mereka sering juara, makanya lebih pede,” kata Praveen, Kamis (21/3).

Menurut Praveen, menangkal gempuran Siwei/Yaqiong sebetulnya cukup sederhana: jangan sampai ikut bermain dengan pola mereka. Siwei/Yaqiong yang punya pola main sangat cepat kerap kali berhasil memaksa musuh-musuh mereka untuk bermain cepat, yang akhirnya menjadi keuntungan sendiri buat mereka.

Hal ini kemudian semakin diperparah dengan rasa percaya diri yang sudah kalah lebih dulu. Pasalnya, Siwei/Yaqiong adalah pasangan yang mampu menunjukkan kepercayaan diri tinggi mereka sejak masuk ke lapangan.

“Kita harus bongkar pola mereka dengan nggak bermain di polanya mereka. Jadi kita harus lebih bermain di pola kita sendiri dan harus lebih berani. Kadang-kadang pemain yang ketemu mereka dari aura dan pede-nya sudah kalah duluan. Nah, ini yang kita antisipasi. Jangan sampai saat masuk lapangan sudah kalah duluan. Pasti nggak bakal bisa main,” katanya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Isa Bustomi

Copy Editor :

Praveen Jordan Sebut Siwei/Yaqiong Cuma Menang Pede