alexametrics

Dipaksa Kerja Keras oleh Rusia, Jepang Menang Tipis 3-2

20 Mei 2019, 17:54:00 WIB

JawaPos.com – Jepang tanpa disangka langsung menemui jalan terjal di Piala Sudirman 2019. Mereka nyaris dikalahkan Rusia di fase grup, Selasa (20/5) dan cuma menang tipis dengan kedudukan 3-2.

Jepang mendulang poin pertama mereka dari kemenangan pasangan ganda campuran Takuro Hoki/Wakana Nagahara. Mereka menang 21-10 dan 21-15 atas Rodion Alimov/Alina Davletova.

Kejutan muncul di laga kedua. Pemain tunggal putra Jepang Kenta Nishimoto di luar dugaan harus tunduk di hadapan pebulu tangkis non unggulan Vladimir Malkov. Nishimoto, yang merupakan pemain tunggal putra lapis dua Jepang, kalah 18-21 dan 17-21.

Rusia semakin membuat Jepang ketar-ketir di laga ganda putra. Kali ini giliran pasangan ranking 9 dunia Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe yang harus menelan kekalahan. Keduanya takluk di tangan Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov 19-21 dan 16-21.

Ketinggalan 1-2, Jepang akhirnya bisa membalikkan keadaan lewat dua laga sektor putri. Baik Nozomi Okuhara maupun ganda putri Yuki Fukushima/Sayaka Hirota masih terlalu tangguh untuk para wakil Negeri Beruang Merah.

Nozomi tanpa kesulitan berarti menumpas Natalia Perminova 21-6 dan 21-16, Sementara Fuku-Hiro mengunci kemenangan Jepang setelah membabat Ekaterina Bolotova/Alina Davletova 21-5 dan 21-16.

Mengomentari kemenangan tipis tersebut, Fukushima menuturkan bahwa kehilangan dua gim bukanlah masalah besar. “Ini pertandingan beregu, dan hal ini sudah biasa terjadi. Saya pribadi tidak kecewa sama sekali, karena kami tetap memenangkan pertandingan. Tentunya saya juga senang bisa menentukan kemenangan tim,” ujar Fukushima.

Jepang akan menjalankan satu laga lagi melawan Thailand. Menghadapi Negeri Gajah Putih, mereka tentu harus lebih berhati-hati dalam menurunkan pemain.

Meski bukan jadi unggulan utama, Thailand memiliki wakil tangguh di dua sektor, yakni Ratchanok Intanon di tunggal putri, serta Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai di sektor ganda campuran. Ganda putri Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai juga bisa menjadi ancaman sendiri meski di atas kertas seluruh wakil ganda putri Jepang lebih unggul dari mereka.

Jepang diperkirakan bisa mengambil dua laga dari nomor tunggal putra dan ganda putra jika mereka menurunkan Kento Momota dan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda di laga melawan Thailand nanti. Walau begitu, mereka tentu tidak boleh takabur karena tetap ada kemungkinan Thailand membuat kejutan tak terduga.

Editor : Banu Adikara