alexametrics

Saat Yuta/Arisa Patahkan Kutukan Yilyu/Dongping

19 November 2018, 13:29:02 WIB

JawaPos.com – Yuta Watanabe/Arisa Higashino akhirnya menelurkan gelar juara kedua mereka tahun ini setelah menjuarai Hongkong Terbuka 2018. Ini adalah pencapaian terbaik mereka setelah menjuarai All England 2018 bulan Maret silam.

Yuta/Arisa menyabet gelar juara kedua mereka usai menumbangkan pasangan ranking 2 dunia Wang Yilyu/Huang Dongping. Kemenangan ini boleh dibilang sangat istimewa karena dari total lima pertemuan terdahulu, Yuta/Arisa tidak pernah menang melawan Yilyu/Dongping.

Sebelumnya, Yuta/Arisa yang kini nangkring di ranking 5 dunia memang kerap kali dihentikan Yilyu/Dongping sebelum mereka berhasil mencapai babak akhir di turnamen-turnamen sebelumnya. Di tengah performa yang terus menunjukkan peningkatan, Yilyu/Dongping boleh dibilang merupakan satu dari segelintir pasangan ganda campuran yang kerap menjadi batu sandungan bagi Yuta/Arisa.

Dari lima pertemuan sebelumnya, tercatat tiga kali Yuta/Arisa dikalahkan Yilyu/Dongping di babak semifinal, yakni pada pertemuan perdana di Malaysia Terbuka 2018, Jepang Terbuka 2018, dan Tiongkok Terbuka 2018. Dua pertarungan sisanya adalah di babak perempat final Kejuaraan Dunia 2018 dan Asian Games 2018.

Di lima pertarungan tersebut, Yuta/Arisa boleh dibilang selalu tampil kepayahan melawan Yilyu/Dongping. Ibarat berada di bawah kutukan, mereka selalu apes tiap kali bertemu Yilyu/Dongping.

Namun, nasib keduanya berubah di partai final Hongkong Terbuka 2018 pada Minggu (18/11) kemarin. Yuta/Arisa mendadak menjelma menjadi pasangan yang buas. Mereka berhasil membombardir pertahanan Yilyu/Dongping hingga menang dalam dua gim langsung 21-18 dan 21-14.

Permainan brilian Yuta/Arisa mungkin agak mengingatkan penonton pada partai saat mereka menumpas ganda campuran paling digdaya tahun ini, Zheng Siwei/Huang Yaqiong di partai final All England 2018. Sama seperti di Inggris kala itu, Yuta/Arisa juga betu;-betul tampil enteng dan tanpa beban di Hongkong kemarin.

Mengomentari hal tersebut, pelatih ganda campuran Jepang Jeremy Gan mengaku sangat bahagia atas pencapaian Yuta/Arisa. Melalui akun Instagram @jeremyjgwt, Jeremy mengunggah foto dirinya sedang merangkul Yuta/Arisa dengan trofi juara di tangan mereka.

“Mereka berhasil! Ini gelar kedua mereka tahun ini, dan ini sangat penting buat mereka!” ujar Jeremy dalam caption foto tersebut.

Lebih lanjut, pelatih asal Malaysia itu menuturkan bahwa ia percaya hasil positif ini bisa kian melecut anak didiknya tersebut untuk tampil lebih impresif di setiap turnamen kedepannya.

“Gelar ini pasti akan memberikan mereka rasa percaya diri. Semoga mereka bisa terus lebih baik,” ujar Jeremy.

Arisa pun ikut meluapkan kegembiraannya lewat akun @aripei.meee. “Akhirnya bisa menang! Aku betul-betul senang karena sudah lama sekali tidak juara! Terima kasih pelatih dan partnerku!” ujar Arisa.

Editor : Banu Adikara

Reporter : (kar/JPC)



Close Ads
Saat Yuta/Arisa Patahkan Kutukan Yilyu/Dongping