alexametrics

Bongkar Pasang Ganda Campuran Jepang Jelang Olimpiade Tokyo 2020

18 September 2018, 14:39:58 WIB

JawaPos.com – Jepang sudah memiliki pemain-pemain top untuk berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 mendatang. Semua sektor sudah dihuni wakil yang mumpuni, kecuali ganda campuran.

Dari semua sektor, Jepang cuma belum menempatkan wakil di sektor ganda campuran di jajaran top 10 dunia. Satu-satunya pasangan yang bisa berbicara dan bersaing dengan para pasangan level atas adalah jawara All England 2018 Yuta Watanabe/Arisa Higashino yang kini duduk di ranking 13 dunia.

Di luar Yuta/Arisa, Jepang belum menemukan pasangan lain yang cukup mumpuni. Berkali-kali mereka gonta-ganti pasangan.

Pemain spesialis ganda putri Misaki Matsutomo adalah salah satu pemain yang setidaknya sudah dua kali berganti-ganti pasangan. Tercatat, Misaki yang merupakan partner dari Ayaka Takahashi di sektor ganda putri itu pernah dipasangkan dengan Yugo Kobayashi dan yang terbaru dengan Yuki Kaneko. Namun, hasilnya bisa dibilang belum sesuai harapan.

Pemain ganda putri lainnya, Sayaka Hirota juga sempat dipasangkan dengan Takuro Hoki di tahun 2017. Kombinasi keduanya pun juga cuma bertahan seumur jagung. Takuro kini tengah dicoba diduetkan dengan pemain ganda putri lainnya, Koharu Yonemoto.

Menjadi tuan rumah di Olimpiade dua tahun mendatang, Jepang masih punya cukup banyak waktu untuk meramu dan menemukan pasangan yang tepat untuk melapisi Yuta/Arisa. Hal ini tentunya dilakukan agar medali emas dari sektor ganda campuran juga bisa mereka raih.

Kebiasaan Jepang melakukan bongkar pasang pemain ganda campuran pun diakui pebulu tangkis putri Indonesia, Liliyana Natsir. Hal ini dikatakan Butet, sapaan akrabnya, setelah ia menundukkan Yuki/Misaki di babak pertama Tiongkok Terbuka 2018.

“Jepang memang suka coba-coba, entah untuk pemanasan atau mereka memang mau coba cari pasangan ganda campuran lagi. Karena belum ada ganda campuran mereka yang stabil. Baru ada Yuta/Arisa,” kata Butet, Selasa (18/9).

 Meski demikian, Butet berpendapat bahwa para pasangan baru ini tidak bisa diremehkan begitu saja. Makanya, Butet bersama partnernya, Tontowi Ahmad tetap menerapkan pola permainan menekan.

“Kalau ada kesempatan, mereka pasti mau menang. Jadi jangan dikasih kesempatan, dari awal sudah menekan,” katanya. 

Editor : Banu Adikara

Reporter : (kar/isa/JPC)



Close Ads
Bongkar Pasang Ganda Campuran Jepang Jelang Olimpiade Tokyo 2020