alexametrics
Piala Sudirman 2019

Pasrah Digilas 0-5 oleh Tiongkok, Malaysia Fokus Kalahkan India

17 Mei 2019, 15:14:37 WIB

JawaPos.com – Tim Malaysia berada dalam posisi yang sangat sulit di Piala Sudirman 2019. Kebagian menghadapi tim raksasa Tiongkok di laga perdana, mereka sudah siap jika Negeri Tirai Bambu membabat mereka tanpa balas dengan kedudukan 0-5.

Malaysia datang ke Piala Sudirman 2019 dengan kondisi sangat pincang. Mereka bertolak ke Nanning, Tiongkok tanpa membawa semua wakil andalan mereka, mulai dari maestro bulu tangkis Lee Chong Wei yang masih dalam proses penyembuhan kanker hidung, maupun ganda campuran Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dan ganda putra Goh V Shem/Tan Wee Kiong yang tidak dibawa karena sudah berstatus sebagai pemain profesional independen.

Jika tim Negeri Jiran masih dalam formasi terbaik, pertarungan di grup D tentunya akan sangat menarik disaksikan karena Malaysia berada satu grup dengan Tiongkok dan India. Namun, dengan kondisi sekarang, Malaysia tentunya menjadi tim underdog.

Direktur Kepelatihan Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) Wong Choong Hann mengakui bahwa secara statistik, mereka nyaris mustahil bisa menang dari Tiongkok. Choong Hann bahkan meyakini bahwa mereka tidak bisa mencuri satu laga pun kontra tim tuan rumah nanti.

“Di atas kertas, kami sangat mungkin dibantai 0-5 oleh Tiongkok. Kalau pertandingannya ada enam, mungkin kami akan kalah 0-6,” ujar Choong Hann seperti dilansir thestar.com.

Choong Hann mengatakan, sejak awal ia sudah membentuk pola pikir anak-anak didiknya bahwa mereka harus bisa mencuri poin dari India jika ingin lolos dari fase grup. Pasalnya, India kemungkinan besar juga bakal bertekuk lutut di hadapan Tiongkok.

“Jadi andaikan kami betul-betul kalah telak dari Tiongkok, mereka tidak boleh patah semangat dan putus asa, karena sejak awal target kami adalah menang dari India. Kami fokus ke sana,” ujar Choong Hann.

Mengomentari peta kekuatan India, Choong Hann berharap setidaknya mereka bisa menang tipis dengan skor 3-2 dengan mengambil semua laga sektor ganda. Hal ini cukup beralasan karena India memiliki taring di sektor tunggal putri yang digawangi Pusarla Venkata Sindhu dan Saina Nehwal. Di sektor tunggal putra, Kidambi Srikanth juga tidak bisa diremehkan meski performanya tengah menurun.

“Mereka memang lebih baik di sektor tunggal, tapi di sektor ganda kami masih di atas mereka,” ujar Choong Hann Yakin.

Meski demikian, Choong Hann tetap berharap timnya bisa memberikan perlawanan sengit kepada Tiongkok. “Dari segala sektor, kami kalah. Tapi semoga ada sektor yang bisa memberikan kejutan,” ujar Choong Hann.

Editor : Banu Adikara



Close Ads