JawaPos Radar

China Masters 2018

Gelar Perdana Zhao Yunlei Sebagai Pelatih

16/04/2018, 21:37 WIB | Editor: Banu Adikara
Zhao Yunlei, China Masters 2018
Zhao Yunlei (kanan) dan dua anak asuhnya Du Yue/Li Yinhui (Instagram @badmintonforum)
Share this image

JawaPos.com - Zhao Yunlei akhirnya menelurkan gelar pertamanya sebagai pelatih ganda putri Tiongkok. Didapuk menjadi pelatih Negeri Tirai Bambu pada awal Februari, Yunlei meraih prestasi pertamanya di China Masters 2018.

Berstatus sebagai asisten pelatih dari Zhang Jun dan Pan Li, Yunlei yang merupakan salah satu legenda hidup sektor ganda putri dan campuran Tiongkok ini sukses menciptakan all Chinese finals antara Du Yue/Li Yinhui dan Huang Dongping/Li Wenmei.

Yue/Yinhui memenangi perang saudara tersebut dengan skor 21-16 dan 21-17.

Kemenangan ini bukan hanya jadi gelar pertama untuk Yunlei, tapi juga untuk ganda putri Tiongkok yang sejak awal tahun belum pernah meraih gelar juara.

Yunlei ditarik oleh Asosiasi Bulu Tangkis Tiongkok untuk bergabung menjadi tim kepelatihan dengan bekalnya sebagai salah satu pemain Tiongkok yang paling dibanggakan. Hingga detik ini, Yunlei adalah satu-satunya pemain bulu tangkis yang sukses meraih dua medali emas di satu perhelatan olimpiade.

Yunlei membawa pulang medali emas di sektor ganda putri bersama Tian Qing), dan ganda campuran bersama mantan kekasihnya, Zhang Nan di Olimpiade London 2012.

Di turnamen level superseries, ia total mengoleksi 42 gelar, dengan rincian 27 gelar di ganda campuran, dan 15 gelar di ganda putri.

Yunlei memutuskan pensiun setelah meraih medali perunggu sektor ganda campuran di Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

(kar/isa/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up