alexametrics
SEA Games 2019

Tidak Ikut ke Piala Sudirman 2019, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying Berangkat ke SEA Games 2019

15 Mei 2019, 18:13:43 WIB

JawaPos.com – Ganda campuran Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying mendapatkan angin segar. Resmi tidak diboyong Malaysia ke Piala Sudirman 2019, mereka kemungkinan besar akan berangkat memperkuat Negeri Jiran di SEA Games 2019 di Filipina akhir tahun nanti.

Untuk diketahui, Peng Soon/Liu Ying tidak diboyong ke Piala Sudirman 2019 lantaran status mereka yang sudah menjadi pemain profesional independen sejak awal tahun. Posisi pasangan yang baru saja menjuarai Selandia Baru Terbuka 2019 itu nanti akan diisi oleh Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai dan Tan Kian Meng/Lai Pei Jing yang notabene masih menjadi bagian dari federasi.

Tak hanya mereka, ganda putra Goh V Shem/Tan Wee Kiong juga dipastikan tidak ikut ke Piala Sudirman 2019 dengan alasan yang sama: mereka sudah tidak lagi bermain di bawah Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM).

Meski demikian, kedua pasangan yang sama-sama meraih medali perak di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 itu diperbolehkan untuk berangkat ke SEA Games 2019. Direktur Kepelatihan BAM Wong Choong Hann menuturkan bahwa ia memberikan kesempatan ini kepada Peng Soon/Liu Ying dan V Shem/Wee Kiong supaya mereka juga bisa meraih poin maksimal untuk kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

Meskipun hanya event level Asia Tenggara, Peng Soon/Liu Ying dan V Shem/Wee Kiong belum pernah merasakan manisnya menjadi juara di nomor individual multi event dua tahunan tersebut. Peng Soon/Liu Ying hanya pernah menyabet medali perunggu di SEA Games 2009 dan perak di SEA Games 2015, sementara V Shem tercatat cuma menyabet dua medali perunggu di SEA Games 2011 dan 2013 bersama Lim Khim Wah dan Teo Kok Siang.

Dengan status sebagai dua wakil andalan Malaysia dan peta persaingan yang jauh lebih ringan, kans keduanya menyabet gelar juara tentunya lebih besar. Apalagi, dua pesaing terkuat Indonesia dan Thailand kemungkinan tidak akan menurunkan pemain-pemain terbaik mereka ke SEA Games 2019.

“Tentu kami akan mengirim pemain dengan potensi medali terbesar. Selain untuk jadi juara, hasil di sana nanti juga bisa jadi poin mereka untuk Olimpiade. Kesempatan ini terbuka untuk semuanya, termasuk mereka yang merupakan pemain independen,” ujar Choong Hann seperti dilansir dari thestar.com.

Choong Hann menambahkan, kedua pasangan tersebut nantinya juga diharapkan bisa berkompetisi di World Tour Finals 2019 setelah perhelatan SEA Games 2019 selesai pada 11 Desember nanti. Untuk diketahui, World Tour Finals 2019 sendiri akan dimulai pada 11-15 Desember.

“Memang akan sulit untuk mereka bermain back to back di turnamen yang berbeda. Kami berharap mereka bisa tetap siap secara fisik dan mental,” ujar Choong Hann.

Editor : Banu Adikara



Close Ads