alexametrics

Rionny Mainaky: Daya Tahan dan Daya Juang Tunggal Putri Belum Maksimal

15 Maret 2019, 14:20:38 WIB

JawaPos.com – Pelatih kepala tunggal putri anyar PBSI Rionny Mainaky tidak memungkiri bahwa performa sektor yang akan ditanganinya mulai bulan depan tersebut masih butuh pembenahan. Ada beberapa faktor esensial yang tidak dimiliki Fitriani dan kawan-kawan hingga berujung seretnya prestasi.

“Kalau yang saya pantau saat ini lebih cendrung di stamina dan daya tahan (yang masih kurang, Red),” ujar Rionny, Jumat (15/3).

Apa yang diomongkan Rionny memang susah dibantah. Jika dibandingkan dengan pemain-pemain papan atas tunggal putri Jepang seperti Akane Yamaguchi dan Nozomi Okuhara, stamina dua ujung tombak tunggal putri PBSI Fitriani dan Gregoria Mariska Tunjung memang belum setara.

Seperti yang diketahui, Akane dan Nozomi adalah dua tipe pemain reli yang sanggup meladeni pertandingan selama lebih dari satu jam melawan pemain top dunia lainnya. Mereka seringkali bisa tetap bertanding dengan sangat baik di keesokan harinya meski tenaga sudah terkuras.

Selain masalah stamina, Rionny juga turut menyoroti kemauan untuk menang para pemain tunggal putri. Menurut kakak Rexy Mainaky tersebut, hal itu juga terlihat jelas dari semangat mereka di lapangan. Tanpa bermaksud mengecilkan segala usaha yang sudah mereka berikan, perjuangan Fitri, Jorji, dan para pemain tunggal putri lain dalam meraih kemenangan harus diakui belum sekeras Akane maupun Nozomi yang selalu berusaha mengembalikan pukulan-pukulan sulit musuh meski harus jatuh bangun di lapangan.

“Daya juang mereka belum maksimal,” kata Rionny lagi.

Kondisi ini tentu menjadi tantangan sendiri untuk Rionny. Mengingat Fitri dan Jorji adalah dua pemain tunggal putri yang mendapatkan SK Prioritas untuk lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020, Rionny harus bekerja keras menggenjot posisi dua tunggal andalan Indonesia itu agar bisa tetap aman di ranking 16 besar.

Untuk diketahui, Fitri saat ini masih tercecer di ranking 30, sementara Jorji bertengger di rangking 15. Jelang Olimpiade Tokyo 2020 yang sudah kurang dari 500 hari, sudah menjadi tugas utama Rionny untuk terus mendongkrak ranking Fitri dan Jorji hingga batas akhir waktu kualifikasi pada 26 April 2020 mendatang. 

Editor : Banu Adikara

Reporter : Isa Bustomi

Copy Editor :

Rionny Mainaky: Daya Tahan dan Daya Juang Tunggal Putri Belum Maksimal