alexametrics

Rindu Indonesia, Rionny Mainaky: Pengin Pulang ke Tanah Air Beta

15 Maret 2019, 13:16:57 WIB

JawaPos.com – Rionny Mainaky sudah resmi didaulat PBSI sebagai pelatih kepala tunggal putri yang baru. Rionny pribadi mengaku senang bisa kembali ke Indonesia lantaran ia sudah rindu dengan tanah air.

Rionny juga membenarkan bahwa rasa kangen dengan Indonesia-lah yang membuatnya menerima tawaran PBSI untuk menukangi Gregoria Mariska Tunjung dan para koleganya. “Iya. Saya pengin balik ke Indonesia. Pulang ke tanah air beta,” ujar pria asal Ternate, Maluku Utara tersebut, Jumat (15/3).

Meski nyaris menghabiskan seluruh karirnya di Jepang sebagai pelatih ganda putra Jepang, ayah dari Lyanny Alessandra Mainaky dan Yehezkiel Fritz Mainaky itu mengaku sama sekali tidak masalah jika dipercaya menangani sektor tunggal putri. Ia siap berjuang di mana pun demi membela negaranya sendiri.

“Kalau untuk Indonesia pastinya selalu siap berjuang dan berbakti,” katanya lagi.

Untuk diketahui, Rionny merupakan anak ketiga dari tujuh bersaudara Mainaky. Dua kakak tertuanya adalah Marinus Mainaky dan pelatih kepala ganda campuran PBSI Richard Mainaky. Tepat di bawahnya adalah peraih medali emas Olimpiade Atlanta 1996 Rexy Mainaky, Marleve Mainaky, Valentina Mainaky, dan Karel Mainaky.

Sebagai informasi tambahan, Rionny bukanlah satu-satunya klan Mainaky yang mengabdi untuk Asosiasi Bulu Tangkis Jepang. Sang adik, yakni Karel, disebutkan olehnya masih berada di Negeri Matahari Terbit.

“Karel masih ada di Jepang melatih sektor ganda putri,” ujar Rionny.

Untuk diketahui, Rionny pertama kali menginjakkan kaki di Jepang pada 1992. Waktu itu, ia masih melatih salah satu tim liga bulu tangkis Jepang, YKK Kyushu.

Lambat laun, karir Rionny di Jepang mulai menanjak. Setelah sempat pulang ke Indonesia pada 2004, Rionny lalu kembali lagi ke Jepang pada 2009 dan menjabat sebagai pelatih salah satu klub bulu tangkis terbesar Jepang, Nihon-Unisys. Di waktu bersamaan, dia juga didapuk menjadi salah satu staf kepelatihan di tim nasional junior Jepang. Rionny akhirnya didaulat menjadi pelatih kepala ganda putra Jepang pada 2010.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Isa Bustomi

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Rindu Indonesia, Rionny Mainaky: Pengin Pulang ke Tanah Air Beta