alexametrics

Lee Chong Wei Pensiun, Lin Dan Sedih

14 Juni 2019, 16:08:08 WIB

JawaPos.com – Pensiunnya Lee Chong Wei membuat dunia bulu tangkis berduka. Kesedihan rupanya juga dirasakan oleh rival nomor satu Chong Wei, Lin Dan.

Seperti yang sudah diketahui, Chong Wei akhirnya memutuskan pensiun setelah divonis menderita kanker hidung tahun lalu. Sempat menjalani pengobatan hingga sembuh dan sudah mulai berlatih, dokter yang menangani Chong Wei menyebutkan bahwa sel kanker yang sudah mati itu bisa hidup kembali jika ia memaksakan diri.

Melakukan konferensi pers pada Kamis (13/6) kemarin, Chong Wei tidak bisa menahan air matanya. Ia menangis di hadapan ratusan awak media yang hadir.

Mendengar kabar tersebut, hati Lin Dan rupanya tergerak. Melalui media sosial Weibo miliknya, Lin Dan mencurahkan isi hatinya.

“Aku sendirian sekarang. Tidak ada lagi yang menemaniku,” ujar peraih dua medali emas Olimpiade tersebut galau.

Hingga pertengahan tahun lalu, Chong Wei dan Lin Dan adalah dua nama besar yang masih terus berkompetisi di usia mereka yang sudah tidak muda. Pensiunnya Chong Wei membuat Lin Dan menjadi satu-satunya pemain gaek kenamaan yang harus berjuang menghadapi para pebulu tangkis muda di era sekarang demi menembus kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

Chong Wei dan Lin Dan memang dikenal publik berteman baik. Mereka bahkan sama-sama menghadiri pernikahan satu sama lain, baik ketika Chong Wei menikahi Wong Mew Choo maupun saat Lin Dan mempersunting Xie Xingfang.

Di lapangan, mereka total sudah bertemu 40 kali. Lin Dan memenangi 28 laga di antaranya. Pertempuran keduanya di atas lapangan yang sarat dengan aksi seru berbalut teknik dan skill kelas dunia memang selalu mengundang tepuk tangan dan decak kagum.

Pertemuan keduanya terakhir kali terjadi di All England 2018. Lin Dan kala itu memenangi pertandingan dalam dua gim langsung 16-21 dan 17-21.

Kedua pemain tersebut juga tercatat tiga kali berjumpa di Olimpiade. Chong Wei harus rela berdiri di podium runner pada Olimpiade Beijing 2008 dan Olimpiade London 2012 sembari melihat Lin Dan dikalungi medali emas.

Di Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Chong Wei akhirnya berhasil menundukkan Lin Dan. Namun, nasib baik di Olimpiade sepertinya memang bukan takdirnya. Chong Wei lagi-lagi harus puas dengan medali perak usai ditundukkan Chen Long di partai final.

Buat publik bulu tangkis, Lin Dan memang dikenal sebagai salah satu atlet yang punya sikap arogan. Namun, tabiat buruknya ini sama sekali tidak pernah terlihat ketika ia bersama Chong Wei.

“Saya sudah berhadapan dengan banyak sekali atlet hebat. Tapi buat saya, Chong Wei tetap lawan yang terberat. Saya sangat menikmati semua laga yang saya lalui bersama dia,” ujar Lin Dan.

Editor : Banu Adikara