JawaPos Radar

Lee Chong Wei Disinyalir Terjun ke Olimpiade 2020 Tokyo

11/07/2018, 15:15 WIB | Editor: Banu Adikara
Lee Chong Wei, Hendrawan, Malaysia
Pelatih Lee Chong Wei, Hendrawan memberikan sinyal anak didiknya akan terjun ke Olimpiade Tokyo 2020 (Banu Adikara/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pebulu tangkis Malaysia Lee Chong Wei diperkirakan bakal kembali mencoba peruntungannya meraih medali emas Olimpiade setelah tiga kali beruntun harus puas menjadi runner up. Dengan usia yang sudah tidak muda lagi, Chong Wei disinyalir akan terjun ke Olimpiade Tokyo 2020.

Chong Wei pertama kali mengalungkan medali perak Olimpiade di tahun 2008 setelah takluk di tangan wakil tuan rumah, Lin Dan (Tiongkok). Empat tahun berselang di London, Chong Wei lagi-lagi harus mengakui keunggulan Lin Dan yang sukses mempertahankan gelarnya di partai pamungkas.

Maestro bulu tangkis Negeri Jiran itu kembali menapakkan kakinya di babak final Olimpiade pada tahun 2016 di Rio de Janeiro, Brasil. Alih-alih menjadi juara setelah menumbangkan Lin Dan di partai semifinal. Sayang, ia malah takluk di tangan wakil Tiongkok lainnya Chen Long di babak final.

Pelatih Chong Wei Hendrawan mengatakan bahwa meski bulan Oktober ini Chong Wei bakal genap berusia 36 tahun, hal itu sepertinya tidak menjadi penghalang untuk anak didiknya tersebut. "Selama dia masih ada semangat, keinginan, dan motivasi yang kuat, ya kenapa tidak," ujar Hendrawan.

Hendrawan mengatakan, untuk pemain kelas dunia seusia Chong Wei, hanya ada dua faktor yang menjadi 'musuh' utama mereka.

"Yang pertama adalah kalau dia sudah tidak punya target dan keinginan. Yang kedua tentunya adalah cedera. Dua hal ini yang biasanya membuat seorang atlet berhenti dari profesinya," ujar Hendrawan.

Dengan usia yang sudah menjelang senja, Hendrawan menuturkan bahwa ia sendiri tidak membebani target apapun kepada Chong Wei. Porsi latihan yang diberikan kepada Chong Wei pada akhirnya hanya mengikuti apa yang ingin dicapai Chong Wei.

"Artinya saya tidak akan push dia untuk memenangi sebuah turnamen yang tidak masuk dalam target dia. Bagaimanapun, faktor umur tetap pegang peranan penting. Chong Wei juga pasti lelah. Jadi program latihan saat ini ya hanya mengikuti target dan keinginan Chong Wei," ujar Hendrawan.

Setelah gagal merebut gelar di Indonesia Terbuka 2018 kemarin, Chong Wei dijadwalkan kembali terjun di perhelatan Kejuaraan Dunia 2018 dan Asian Games 2018. Sama seperti Olimpiade, Chong Wei pun belum pernah merasakan manisnya menjadi juara di dua perhelatan besar ini.

(kar/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up