JawaPos Radar | Iklan Jitu

Hendrawan: Chong Wei Selalu Jadi Last Man Standing

11 Juli 2018, 16:19:57 WIB | Editor: Banu Adikara
Lee Chong Wei, Hendrawan, Malaysia
Pelatih Lee Chong Wei, Hendrawan (Banu Adikara/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Belum ada pebulu tangkis Malaysia lain yang punya nama maupun prestasi sebesar Lee Chong Wei. Namun, hal tersebut mengundang simpati dan empati sendiri dari sang pelatih, Hendrawan.

Punya nama yang begitu besar bahkan hingga kancah dunia, Chong Wei yang mengawali karir seniornya di tahun 2002 hingga detik ini masih terus menjadi andalan Negeri Jiran dalam mendulang gelar. Hampir di setiap turnamen yang ia ikuti, Chong Wei selalu menjadi harapan terakhir Malaysia untuk membawa pulang gelar. Padahal, usianya sudah tidak muda lagi. Chong Wei akan genap berusia 36 tahun bulan Oktober nanti.

Hal inilah yang membuat Hendrawan masygul hati. Tidak adanya pemain muda maupun pelapis yang mumpuni membuat beban bulu tangkis Malaysia hingga saat ini masih harus dipikul oleh anak didiknya itu.

"Sebetulnya kasihan. Dia selalu menjadi last man standing (orang yang masih bertahan, Red) Malaysia hampir di seluruh turnamen besar, padahal dia sudah tua," ujar Hendrawan.

Kondisi inilah yang disebut Hendrawan boleh dibilang cukup berbanding terbalik dengan Indonesia yang bisa mencetak lebih banyak pebulu tangkis berkualitas di setiap generasinya. Sementara di Malaysia, orang seperti Chong Wei muncul hanya sekali dalam jangka waktu yang sangat lama.

"Malaysia tidak seperti Indonesia. Di Indonesia, pemain top itu bisa saya bilang banyak. Malaysia hingga saat ini hanya bisa berharap pada Chong Wei," kata Hendrawan.

Kendati demikian, Hendrawan yakin Chong Wei masih bisa membanggakan Malaysia di perhelatan Asian Games 2018. Medali emas yang belum pernah ia kalungkan menjadi harga mati di tahun ini.

"Target tahun ini sebetulnya hanya dua, yaitu Asian Games 2018 dan Commonwealth Games 2018. Satu target sudah tercapai di Commonwealth Games 2018 kemarin. Tinggal satu lagi. Chong Wei masih punya api yang sangat kuat di dalam dirinya untuk memenangkan turnamen tersebut," ujar Hendrawan.

(kar/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up