alexametrics

Ganda Putra Gaek Korea Selatan Berjaya di Australia

9 Juni 2019, 17:11:38 WIB

JawaPos.com – Pengumpulan poin kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 yang sudah dimulai membuat semua atlet berlomba-lomba, tak terkecuali ganda putra gaek Korea Selatan Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol. Mereka sukses menjuarai Australia Terbuka 2019, Minggu (9/6).

Penampilan gemilang mereka di Australia Terbuka 2019 memang cukup di luar dugaan. Pasalnya, meskipun pernah menjadi salah satu pasangan paling berbahaya di dunia, mereka kurang bisa bersinar di beberapa turnamen yang diikuti sejak melakukan comeback tahun lalu setelah sempat memutuskan pensiun pada 2016 silam.

Nyatanya, sejak babak pertama hingga partai final, mereka selalu tampil trengginas. Musuh-musuh yang mereka kalahkan selama lima hari beruntun pun bukan musuh kacangan.

Menundukkan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe di babak pertama, pasangan juara dunia 2014 itu melanjutkan langkah mereka dengan memecundangi Berry Angriawan/Hardianto, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, dan pasangan tangguh Tiongkok Li Junhui/Liu Yuchen di partai semifinal.

Kehebatan keduanya tidak memudar di partai final. Mereka sukses menyabet gelar juara pertama mereka di tahun ini usai menjungkalkan pasangan rangking 2 dunia Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Hanya butuh 36 menit, Sung Hyun/Baek Cheol menang dua gim langsung atas Kamura/Sonoda 21-11 dan 21-17.

Secara keseluruhan, ini adalah gelar juara kedua turnamen BWF mereka. Tahun lalu, mereka menyabet gelar juara Vietnam Terbuka 2018. Mereka juga berhasil menembus babak final Bangka Belitung Masters 2018 dan Makau Terbuka 2018, namun urung menjadi juara.

Korea Selatan sebetulnya punya satu pasangan gaek lain yang penampilannya sangat dinantikan di Australia Terbuka 2019, yakni Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong. Namun, mereka sudah tersingkir lebih dulu di babak pertama setelah kalah dari pasangan Indonesia Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso.

Keduanya memang belum pernah berpasangan lagi sejak memutuskan pensiun usai Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Saat melakukan comeback tahun lalu, Yong Dae berpartner dengan Kim Gi Jung. Bersama Gi Jung, Yong Dae sudah memenangkan dua gelar turnamen BWF, yakni Spain Masters 2018 dan Makau Terbuka 2018.

 

Editor : Banu Adikara



Close Ads