alexametrics
Piala Sudirman 2019

Takeshi Kamura dan Ayaka Takahashi Siap Antar Jepang Bawa Pulang Piala Sudirman 2019

9 Mei 2019, 15:21:22 WIB

JawaPos.com – Sejak dihelat tahun 1989, Jepang belum pernah satu kalipun menjuarai Piala Sudirman. Tahun ini, dengan materi pemain yang sangat matang dan berstatus sebagai favorit juara, Negeri Matahari Terbit siap membawa pulang trofi perdana turnamen beregu campuran dwi tahunan tersebut.

Dipimpin oleh pelatih kepala Park Joo Bong, Asosiasi Bulu Tangkis Jepang (NBA) menunjuk pemain ganda putra Takeshi Kamura dan jagoan ganda putri Ayaka Takahashi untuk menjadi kapten dan wakil kapten tim. Baik Kamura maupun Ayaka mengaku mantap bisa membuat tim mereka menjadi tim yang paling digdaya di Nanning, Tiongkok pada 19-26 Mei nanti.

“Piala Sudirman adalah turnamen beregu yang sangat bergengsi. Dengan kondisi para pemain juga harus berkonsentrasi lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020, perjuangan kami tentunya akan sangat berat dan melelahkan. Tapi terlepas dari itu, kami semua punya target maksimal di sini. Kami akan bermain sebaik mungkin untuk meraih gelar juara pertama kami,” ujar Kamura seperti dilansir badspi.jp.

Senada dengan Kamura, Ayaka pun bertekad untuk menyempurnakan gelar juara yang sudah ia raih di nomor beregu dengan naik ke podium tertinggi di Piala Sudirman 2019. Bersama Misaki Matsutomo, Ayaka sebelumnya sudah pernah merasakan manisnya menjadi juara Piala Uber dan juara beregu putri Asian Games 2018.

“Ini adalah Piala Sudirman saya yang keempat, tapi satu kalipun saya belum pernah juara. Saya sudah pernah merasakan main di final, dan saat itu kami gagal jadi juara. Saya mau jadi juara di tahun ini,” ujar Ayaka.

Jepang akan berada satu grup dengan Thailand dan Rusia di fase grup Piala Sudirman 2019. Merujuk pada komposisi pemain yang turun, Jepang nampaknya bisa dipastikan lolos sebagai juara grup.

Kento Momota yang saat ini berstatus sebagai pemain tunggal putra ranking 1 dunia bakal menjadi ujung tombak Jepang, diikuti dua pemain putri andalan Jepang Akane Yamaguchi dan Nozomi Okuhara.

Di sektor ganda putri, Jepang juga memboyong tiga pasangan superiornya yakni Misaki/Ayaka, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, dan Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara.

Ganda putra Jepang yang sedang naik daun Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi juga ikut dibawa ke Tiongkok untuk melapisi Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Kekuatan Jepang diprediksi akan keropos di sektor ganda campuran karena pemain andalan Arisa Higashino baru saja mengalami cedera engkel. Belum ada kepastian lebih lanjut apakah partner Yuta Watanabe itu bisa berlaga di Piala Sudirman 2019. Jika Arisa urung bisa bermain, maka Jepang hanya bisa mengandalkan Takuro Hoki/Wakana Nagahara di sektor ganda campuran.

Editor : Banu Adikara