alexametrics

Vittinghus: Saya Sudah Tidak Pikirkan Olimpiade

6 Februari 2019, 13:05:52 WIB

JawaPos.com – Pebulu tangkis Denmark Hans-Kristian Solberg Vittinghus mengaku tidak memasang target untuk lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020. Baru saja genap berusia 33 tahun pada 16 Januari lalu, Vittinghus mengaku ingin menikmati semua pertandingannya di tahun ini.

“Jujur, saya sama sekali tidak berambisi untuk main di Olimpiade. Saya sudah terlalu tua,” kelakarnya saat ditemui JawaPos.com di Istora Senayan beberapa waktu lalu.

Vittinghus yang saat ini duduk di ranking 32 dunia itu menuturkan bahwa di atasnya saat ini masih ada beberapa pemain Denmark yang punya ranking lebih baik darinya, seperti Viktor Axelsen (ranking 6), Anders Antonsen (ranking 15), dan Rasmus Gemke (ranking 25). Dengan batas kuota maksimal dua wakil untuk tiap nomor di Olimpiade nanti, Vittinghus merasa sudah sewajarnya ia mawas diri.

“Kalaupun saya berambisi main, federasi sepertinya tidak akan menunjuk saya karena banyak pemain yang lebih baik dari saya. Jadi lebih baik saya fokus ke turnamen yang lain,” katanya lagi.

Vittinghus merupakan satu dari sekian pemain timnas Denmark yang sempat bersitegang dengan Federasi Bulu Tangkis Denmark (DBF) beberapa waktu lalu. Konflik masalah sponsor tersebut sempat membuat Vittinghus dan yang lainnya dikeluarkan dari timnas dan tidak diperbolehkan lagi menggunakan semua fasilitas DBF. Mereka semua akhirnya menjadi pemain profesional independen.

Akhir Januari kemarin, DBF dan para pemain Denmark akhirnya berdamai. Setelah menemukan jalan tengah, Denmark akhirnya memanggil kembali sebagian besar pemain untuk segera berlaga di Kejuaraan Eropa Beregu Campuran 2019. Namun, dari daftar atlet yang dipanggil, nama Vittinghus tidak muncul. Selain Vittinghus, nama pasangan gaek Mathias Boe/Carsten Mogensen juga tidak nampak.

Belum diketahui pasti status Vittinghus saat ini masih sebagai pemain profesional independen atau sudah bergabung kembali dengan timnas, namun yang jelas Vittinghus pernah mengatakan bahwa ia lebih senang menjadi pemain profesional independen.

Vittinghus menjelaskannya saat DBF belum memanggil kembali para pemain Denmark beberapa waktu lalu. “Dalam dua bulan terakhir ini saya sangat menikmati bermain sebagai pemain profesional. Di usia saya yang sudah 33 tahun, saya jauh lebih enak memilih sendiri turnamen yang mau saya ikuti dan menentukan sendiri porsi latihan yang harus saya jalani,” katanya.

Editor : Banu Adikara

Copy Editor :

Vittinghus: Saya Sudah Tidak Pikirkan Olimpiade