alexametrics

Tan Kim Her Resmi Gantikan Rionny Mainaky di Jepang

2 April 2019, 11:59:15 WIB

JawaPos.com – Pelatih bulu tangkis asal Malaysia Tan Kim Her resmi merapat ke Jepang untuk menukangi sektor ganda putra Negeri Matahari Terbit. Kedatangannya ke Jepang sekaligus mengisi posisi Rionny Mainaky yang sudah pulang ke Indonesia untuk menangani sektor tunggal putri PBSI.

Sebelumnya, Kim Her dikenal sebagai pelatih ganda putra India. Sama seperti Rionny di PBSI, Kim Her mulai melatih di Jepang pada tanggal 1 April kemarin.

Bergabung dengan Jepang yang notabene merupakan salah satu negara bulu tangkis terkuat saat ini, Kim Her mengaku sangat bersemangat. “Meninggalkan India tentunya sebuah keputusan yang sangat sulit. Tapi bisa melatih di Jepang adalah sebuah kesempatan yang luar biasa,” ujar Kim Her seperti dilansir dari badmintonplanet.com.

Menurut Kim Her, tugas yang harus diembannya di Jepang bisa dikatakan cukup berbeda dari pengalaman-pengalaman sebelumnya di negara lain.

Punya reputasi sebagai pelatih pencetak bintang seperti superstar bulu tangkis Korea Selatan Lee Yong Dae, pasangan suami istri asal Inggris Chris dan Gabrielle Adcock, serta ganda putra Malaysia Goh V Shem/Tan Wee Kiong, Kim Her kini punya tugas baru yang sangat berat dari pelatih kepala timnas bulu tangkis Jepang Park Joo Bong: Membuat ganda putra Jepang meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020.

“Saya biasanya bertugas memoleh atlet-atlet muda supaya mereka bisa menjadi pemain besar di usia senior mereka. Tapi kali ini situasinya berbeda. Saya harus membuat satu dari empat pasangan ganda putra Jepang yang ada saat ini menjadi juara di Olimpiade,” ujar Kim Her.

Dengan demikian, selama setahun ke depan Kim Her akan fokus menggembleng Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, Takuto Inoue/Yuki Kaneko, dan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Dari empat pasangan tersebut, salah satunya harus menjadi juara.

Kim Her menjadi orang Malaysia kedua yang bergabung dengan timnas bulu tangkis Jepang. Setahun sebelumnya, pelatih ganda campuran Jeremy Gan sudah lebih dulu ditarik oleh Park Joo Bong untuk membangun kekuatan di sektor yang ia tangani tersebut. Tangan dingin Jeremy terbukti sukses membuat pasangan muda Yuta Watanabe/Arisa Higashino menjadi salah satu pasangan ganda campuran yang ditakuti saat ini.

Editor : Banu Adikara

Tan Kim Her Resmi Gantikan Rionny Mainaky di Jepang