alexametrics

BAM: Mari Kita Lupakan Dulu Lee Chong Wei

1 Juni 2019, 17:35:59 WIB

JawaPos.com – Olimpiade Tokyo 2020 yang kian mendekat membuat Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) mulai mengambil sikap soal kans Lee Chong Wei. Sang maestro tidak akan diproyeksikan main di sana lantaran kondisi kesehatannya yang masih tidak menentu.

Untuk diketahui, Chong Wei yang baru saja pulih dari kanker hidung yang membekapnya sejak pertengahan tahun lalu. Walau sel kanker dihidungnya sudah musnah, kondisi kebugarannya belum pulih seperti sedia kala.

Tercatat, Chong Wei sudah dua kali gagal comeback di dua turnamen yang menjadi targetnya, yakni Malaysia Terbuka 2019 dan Piala Sudirman 2019. Namun, Chong Wei berkeyakinan ia masih punya waktu untuk memulihkan kondisinya jelang Olimpiade Tokyo 2020.

Namun, BAM sepertinya tidak mau terus berharap pada pemulihan Chong Wei. Mereka sadar bahwa cepat atau lambat, bulu tangkis Malaysia harus berjalan tanpa dirinya. Berhenti berharap pada Chong Wei untuk bisa bisa mentas di Olimpiade tahun depan menjadi langkah pertama BAM.

“Untuk saat ini, mari kita lupakan dulu Chong Wei. Lebih baik kita fokus ke pemain-pemain muda yang ada di skuad sekarang,” ujar pelatih kepala tunggal putra BAM Misbun Sidek seperti dilansir dari thestar.com.

Misbun menegaskan, Chong Wei sudah berbuat sangat banyak buat Malaysia. Kini, para juniornya harus mulai belajar untuk mengambil tanggung jawab yang selama ini selalu dipikul Chong Wei.

“Chong Wei adalah seorang legenda. Dia sudah sangat berjasa untuk negara. Tapi untuk saat ini, kesehatannya jauh lebih penting dari karirnya,” kata Misbun lagi.

Disamping soal kesehatan, Chong Wei memang harus berjuang sangat keras jika ingin lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020. Pasalnya, rankingnya sudah terjun bebas. Masih duduk di ranking 3 dunia sebelum berobat, Chong Wei kini sudah tergelincir ke ranking 190 dunia.

Jika tetap ingin mentas di Olimpiade, Chong Wei harus bisa kembali setidaknya ke ranking 16 besar dunia sebelum masa kualifikasi berakhir pada April 2020. Fakta-fakta di atas secara tidak langsung sudah memaparkan bahwa adalah hal yang nyaris mustahil Chong Wei bisa berlaga di Jepang. Apalagi, sampai saat ini ia belum diperbolehkan kembali ke lapangan.

Disinggung mengenai rencana pensiun, Misbun mengatakan bahwa Chong Wei sama sekali tidak pernah membicarakan hal tersebut. Namun, ia juga tidak memberikan proyeksi apapun soal rencananya ke depan.

“Sampai saat ini Chong Wei tidak memberi indikasi akan pensiun. Dia cuma bilang masih perlu istirahat dan pemulihan. Saya betul-betul belum tahu rencana kedepannya seperti apa,” kata Misbun.

Editor : Banu Adikara



Close Ads